Suara Pembaca

Kecewa Karena Tiket.com Menolak Refund Tiket Malaysia Airlines

Novi - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 15:55 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada tanggal 17 Desember 2019, saya membeli tiket pesawat untuk penerbangan dari Surabaya ke Incheon (Korea Selatan) untuk tanggal 23 Mei 2020 hingga 30 Mei 2020 menggunakan Malaysia Airlines melalui Tiket.com dengan nomor pesanan 95237178 (2 penumpang) dan 95234658 (7 penumpang).

Berkaitan dengan adanya isu pandemi pada awal tahun 2020, saya mengajukan untuk refund tiket tersebut melalui pihak Tiket.com pada 27 Februari 2020. Keesokan harinya, saya mendapat email balasan dari pihak Tiket.com yang menyatakan bahwa refund tidak bisa dilakukan karena tujuan saya ke Korea Selatan, bukan ke China atau Hongkong.

Saya diminta untuk mengajukan perubahan tanggal keberangkatan, tetapi saya menolak dengan alasan Pandemi yang semakin tinggi kasusnya. Pada 23 Maret 2020, saya mendapatkan email lagi dari pihak Tiket.com yang memberitahukan bahwa refund tetap tidak bisa dilakukan dan diganti berupa credit voucher yang bisa digunakan untuk pembelian tiket maskapai yang sama dengan masa aktif satu tahun dari tanggal pembelian tiket original.

Dalam arti saya harus mengajukan keberangkatan sebelum 17 Desember 2020. Saya tetap merasa keberatan karena diharuskan berangkat dalam kondisi seperti ini, sangatlah tidak memungkinkan.

Pada 31 Maret 2020, saya mendapatkan email lagi yang memberitahukan bahwa credit voucher tersebut harus digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan maksimal pada 31 Desember 2020. Saya terus mengajukan refund walaupun dengan potongan biaya, saya tidak masalah. Namun dari pihak Tiket.com terus menolak refund saya dengan alasan memang tidak disetujui dari pihak Malaysia airlines.

Setelah lama menunggu, tanggal 22 April 2020 saya mendapatkan email yang menyatakan bahwa credit voucher digantikan dengan sistem open tiket, dimana masa berlaku tiket berakhir pada 30 Juni 2021. Akan tetapi, saya harus mengajukan tanggal keberangkatan sebelum 30 Desember 2020.

Saya mencoba untuk menunggu keputusan dari pihak Tiket.com mengenai refund saya, namun tetap ditolak dengan alasan yang sama. Saya merasa putus asa, dan sekitar satu minggu yang lalu akhirnya saya coba ajukan tanggal keberangkatan untuk bulan Mei 2021. Saya merasa kaget karena dengan kondisi seperti ini, saya diminta untuk menambah biaya yang cukup besar untuk rute yang sama yaitu Surabaya-Incheon.

Apakah ada solusi lain, selain berupa open ticket? Saya meminta refund bukan semata-mata hanya keinginan sendiri, namun keadaan yang memaksa untuk melakukan refund. Kita tidak pernah tahu sampai kapan pandemi akan berakhir dan sampai saat ini pun, kita Warga Negara Indonesia masih tidak diperbolehkan untuk masuk ke negara lain.


Novi
Nomor Pesanan 95237178 dan 95234658

Jawaban

Tanggapan Tiket.com

Sehubungan dengan surat pembaca di detik.com tanggal 17 November 2020 yang ditulis oleh Ibu Novi Berjudul "Kecewa Karena Tiket.com Menolak Refund Tiket Malaysia Airlines" saat ini kami sudah melakukan tindak lanjut.

Terkait dengan pengajuan refund yang Ibu Novi ajukan atas order ID 95237178 dan 95234658, kami ingin menginformasikan bahwa kedua order ID tersebut sudah mendapatkan perpanjang pemberlakuan tiket sampai 31 Desember 2021, dengan waktu pengajuan maksimal sampai 31 Juni 2021. Tim customer care kami telah menghubungi pelanggan perihal tersebut dan pelanggan sudah mengerti.

Kami memohon maaf atas ketidak nyamanannya, dan kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Novi telah menggunakan layanan tiket.com.

Untuk mendapatkan informasi penting terkait kebijakan refund dan reschedule penerbangan di tiket.com selama pandemi Virus Corona (COVID-19), pelanggan tiket.com dapat mengunjung tiket.com/info/coronavirus-information-refund-reschedule.

Apabila Sobat Tiket mengalami kendala, silakan menghubungi: Customer Care 24 jam nomor Whatsapp: 08551500878 Email: cs@tiket.com. Dengan senang hati kami akan membantu.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian, kesabaran dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Public Relations tiket.com

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.