Suara Pembaca

Sudah Penuhi Ketentuan, Refund Traveloka Berupa Travel Credit Voucher

Iman - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 10:14 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada tanggal 11 September 2019, saya melakukan pembelian tiket pesawat Citilink di Traveloka dengan Rute Jakarta - Makassar (21 Mei 2020) dan Makassar - Jakarta (30 Mei 2020) dan mendapatkan kode booking 557754787 dan KG1DRN.

Dengan adanya pandemi Covid-19, penerbangan tersebut dibatalkan, sehinnga pada tanggal 11 April 2020 saya mengajukan refund ke Traveloka dan sudah disetujui oleh pihak masakapai hari itu juga. Untuk proses refund akan memakan waktu kurang lebih 90 hari.

Bulan Mei 2020, saya menghubungi Traveloka untuk menanyakan perkembangan refund. Tanggal 29 Juni 2020, saya mendapatkan email dari Traveloka kalau proses refund saya sudah selesai dan akan diberikan Travel Credit Voucher sebagai pengganti refund yang sebelumnya diinformasikan akan dikembalikan ke limit kartu kredit.

Saya sudah berusaha menghubungi Traveloka, tetapi selalu gagal karena selalu sibuk setiap dihubungi. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk menelepon Citilink sebagai maskapai yang mengeluarkan Travel Credit Voucher tersebut dan diberitahukan bahwa untuk pengajuan refund pada tanggal 25 April 2020 sampai 30 Mei 2020 akan digantikan dengan Travel Credit Voucher.

Padahal pengajuan refund saya lakukan pada tanggal 11 April 2020 dan disetujui di tanggal, jadi seharusnya saya tidak terkena dengan aturan tersebut. Saya meminta dari pihak Traveloka dan Citilink untuk memberikan refund ke limit kartu kredit saya bukan dalam bentuk Travel Credit Voucher. Terima kasih.


Iman
Kode Booking: 557754787 & KG1DRN

Jawaban

Tanggapan Traveloka

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang terbit di Detik.com pada 18 Agustus 2020, kami ingin menyampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Bapak Iman guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Iman alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Iman.

Melalui ini, kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami ketika melakukan proses pengembalian dana (refund) tiket pesawat.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Tim Customer Care Traveloka

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.