Suara Pembaca

Tiket Turkish Airlines Dibatalkan, Refund Traveloka Belum Diserahkan

Dion - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 07:24 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya melakukan pembelian tiket maskapai Turkish Airlines melalui Traveloka (PNR: TNDF4D) untuk penerbangan pada 15-31 Mei 2020 lalu. Beberapa bulan sebelum jadwal perjalanan, penerbangan dibatalkan oleh pihak maskapai karena alasan pembatasan perjalanan terkait Covid-19.

Saya menghubungi Traveloka melalui CS dengan rencana ingin mengubah jadwal ke tahun depan, akan tetapi jadwal penerbangan yang saya inginkan tidak tersedia oleh maskapai, oleh karena itu CS menyarankan kami untuk klaim voucher/poin atau full-refund melalui kartu kredit yang saya gunakan yang akan diproses selama 90 hari.

Saya memilih untuk full-refund ke kartu kredit dan saya sudah membuat permintaan full-refund melalui aplikasi seluler (refund ID: 3169052) pada 5 Mei 2020. Status berubah menjadi menunggu konfirmasi dari pihak maskapai pada 6 Mei 2020 dan tidak ada perubahan status hingga saat ini.

Saya sudah menghubungi Traveloka berkali-kali melalui chat di aplikasi, Facebook, Twitter, dan Instagram untuk segera menyelesaikan permintaan pengembalian dana penuh saya sesuai yang dijanjikan di awal, yaitu 90 hari. Tanggapan yang saya terima ialah bahwa statusnya masih menunggu konfirmasi pihak maskapai dan akan membutuhkan waktu 90 hari atau LEBIH, di mana hal ini berbeda dengan yang diinfokan di awal, yaitu 90 hari.

Saya sudah berulangkali menanyakan kepastian periode waktu karena mengubah aturan yang berujung merugikan konsumen dan mengindikasian penipuan konsumen. Saya juga berupaya untuk menghubungi pihak maskapai melalui kantor cabang dan sosial media namun tidak mendapatkan respons.

Saya merasa seperti mengemis untuk hak-hak yang Traveloka dan Turkish Airlines tawarkan kepada konsumen, terutama di masa sulit saat ini. Saya berharap ada niat baik dari Traveloka untuk mengembalikan dana segera melalui kartu kredit saya. Terima kasih atas perhatiannya.


Dion
Refund ID: 3169052

Jawaban

Tanggapan Traveloka

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang terbit di Detik.com pada 16 Agustus 2020, kami ingin menyampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Bapak Dion guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Dion alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Dion.

Melalui ini, kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami ketika melakukan proses pengembalian dana (refund) tiket pesawat.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Tim Customer Care Traveloka

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.