Suara Pembaca

Menolak Refund dari Traveloka Dalam Bentuk Poin

Fitri - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 10:02 WIB
Keluhan

Saya dan keluarga membeli tiket dengan rute Jakarta - Hongkong - Jakarta pada tanggal 12 Agustus 2019 di tiga akun Traveloka menggunakan maskapai Singapore Airlines. Pandemi Covid-19 menyebabkan penerbangan dibatalkan oleh maskapai dan diberikan beberapa piihan yang salah satunya adalah refund.

Sesuai panduan, kami mengajukan refund melalui Traveloka pada tanggal 23 April 2020 dan disetujui tanggal 24 April 2020. Pada 15 Juli 2020, kami mendapat email dari Traveloka mengenai alternatif pengembalian dana refund dalam bentuk poin dengan menekan setuju sampai batas waktu tanggal 22 Juli 2020 atau kami bisa menunggu kebijakan maskapai dan tidak ada satupun dari kami menekan setuju.

Tanggal 17 Juli 2020, kami mendapat balasan email dari Singapore Airlines menyatakan bahwa proses refund telah selesai diproses ke pihak travel agent dan kami harus menunggu dari travel agent dikarenakan travel agent membutuhkan waktu untuk proses administrasi.

Tanggal 22 Juli 2020, dua akun mendapatkan email bahwa refund sudah selesai melalui travel point. Kemudian Saya mengirimkan email ke cs@traveloka dan juga posting ke beberapa media sosial dan mendapat balasan otomatis. Dua hari kemudian akun lainnya sudah mendapat pengembalian dana berupa transfer ke rekening bank saya.

Permasalahannya adalah saya tidak dapat menggunakan travel poin tersebut untuk kebutuhan hidup saya dan anak-anak setiap hatinya. Saya adalah seorang Ibu tunggal dengan dua orang anak yang baru saja memulai sekolah di jenjang SMP dan SMA.

Saat ini saya masih harus mencicil biaya masuk sekolah tersebut oleh karena itu saya sangat membutuhkan dana tunai untuk kebutuhan pendidikan dan kehidupan sehari hari. Saya dapat dihubungi melalui nomor 081519179718 atau email ke fitriramli11@yahoo.com. Terima kasih atas perhatian dan niat baik dari Traveloka.


Fitri
08151917****

Jawaban

Tanggapan Traveloka

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang terbit di Detik.com pada 3 Agustus 2020, kami ingin menyampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Ibu Fitri guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Ibu Fitri alami.

Melalui ini, kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami ketika melakukan proses pengembalian dana (refund) tiket pesawat.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Tim Customer Care Traveloka

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.