Suara Pembaca

Tagihan Gas PGN Naik 10 Kali Lipat, Tak Ada Solusi

Syukur - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 21:33 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya adalah pelanggan PGN dengan nomor pelanggan 016519900. Pada bulan Juli 2020, saya melihat tagihan gas melonjak 10 kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya, bahkan sejak awal saya berlangganan.

Hal ini sudah saya sampaikan ke contact center PGN mengenai permasalahan buruknya manajemen pencatatan meter dan penagihan ini namun tidak diberikan solusi kepada pelanggan melainkan pelanggan tetap diharuskan membayar.

Mohon kepada PGN sebagai perusahaan negara dan Go Public agar memperbaiki manajemen pencatatan dan penagihan kepada pelanggan. Terima Kasih.


Syukur
Nomor Pelanggan 016519900

Jawaban

Tanggapan Jargas PGN

Menanggapi Surat Pembaca di situs berita detik.com pada hari Minggu, 19 Juli 2020 dari Bapak Abdul Syukur yang menyampaikan keluhan atas tagihan gas naik 10 kali lipat, dengan ini kami mengucapkan terima kasih atas masukan dan perhatiannya sebagai Pelanggan jaringan gas bumi rumah tangga (Jargas).

Kami juga mengapresiasi kepada Bapak Abdul Syukur yang sudah berlangganan Jargas sejak Desember 2014, dengan pemakaian rata-rata bulanan sepanjang tahun 2019 adalah sebesar 8 m³/bulan.

Berdasarkan laporan Bapak Abdul Syukur, Tim PGN di lapangan telah menindaklanjuti untuk melakukan pengecekan dan tidak ada kebocoran pipa gas. Selanjutnya, kami juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2020, telah dilakukan 2 kali pencatatan pemakaian gas pada bulan Januari dan Juni 2020.

Dari pencatatan tersebut, diketahui pemakaian gas Bapak Abdul Syukur untuk bulan Januari 2020 adalah sebesar 3 m³ dan ditagihkan sesuai pemakaian minimum yaitu sebesar 4 m³. Kemudian, untuk bulan Februari s/d Mei 2020 ditagihkan sesuai dengan pencatatan bulan Januari 2020 yaitu sebesar 4 m³.

Untuk bulan Juni 2020, sesuai pencatatan pemakaian gas Bapak Abdul Syukur adalah sebesar 41 m³, sehingga yang ditagihkan di bulan Juli 2020 sebesar Rp. 246.000.

Untuk angka 41 m³ merupakan realisasi kumulatif dari pemakaian gas pelanggan yang baru dicatatkan secara fisik per Juni 2020. Pencatatan fisik tersebut baru dilakukan, mengingat adanya kebijakan dari PGN yang meniadakan catat meter penggunaan gas pelanggan oleh Petugas PGN, karena adanya pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran COVID-19.

PGN Representatif Jargas Area Cirebon sudah menghubungi Pelanggan dan menjelaskan terkait penyebab tagihan Pelanggan yang merupakan akumulatif pemakaian gas. Pelanggan sudah memahami masalah tersebut dan per tanggal 20 Juli 2020, Pelanggan sudah memenuhi kewajibannya.

Meski demikian, kejadian ini menjadi bahan evaluasi bagi kami, sehingga kami dapat memperbaiki pelayanan gas bumi untuk ke depannya. Tak lupa, kami informasikan juga kepada Pelanggan apabila terjadi kendala atau permasalahan pada jaringan gas bumi, agar dapat menghubungi Contact Center PGN di Nomor 1500645.

Demikian kami sampaikan, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih untuk informasi dan masukannya.


Sales Area Head Cirebon

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.