Suara Pembaca

KPR Ditolak Bank, Modernland Group Persulit Refund Uang Muka

Dennic - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 17:16 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada akhir bulan Oktober 2019, saya membayar lunas uang muka KPR kepada Modernland Group untuk proyek mereka yang bernama Modernland Cilejit. Saya tertarik karena sebelumnya dijanjikan bahwa uang muka akan dikembalikan sepenuhnya apabila permohonan KPR ditolak oleh bank.

Namun saat penandatangan perjanjian, ternyata pihak Modernland mengubah ketentuan tersebut, uang muka yang dikembalikan menjadi 50% dan akan dipotong berbagai biaya administrasi. Karena sudah terlanjur, akhirnya saya setuju.

Tanggal 6 April 2020, setelah pengajuan KPR saya ditolak oleh dua bank dan satu perusahaan multifinance, saya mengajukan refund atas uang muka. Saya menghubungi officer modernland yang mengatur masalah refund, ia berjanji akan meneruskan ke atasannya.

Setelah berminggu-minggu menunggu tanpa kabar, pada tanggal 27 Mei 2020, saya mencoba follow-up ke officer yang bersangkutan. Namun setelah berhari-hari mencoba menghubungi, pesan saya tidak dibalas. Tanggal 3 April 2020, akhirnya pesan saya dibalas dengan janji akan menemukan jalan keluar sebelum Idul Adha.

Saya sanggat menyayangkan perusahaan sebesar Modernland Group yang mengulur-ulur proses refund, belum lagi janji yang berubah di detik-detik akhir saat penandatanganan surat perjanjian.


Dennic
0889134*****



Jawaban

Tanggapan PT Griya Sukamanah Permai

Menanggapi surat pembaca dari Bapak Dennic Pratama perihal keluhan tersebut, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang Bapak rasakan.

Terkait keluhan yang disampaikan oleh Bapak Dennic, kami telah memberikan penjelasan dan klarifikasi melalui telepon pada 16 Juni 2020 bahwa kebijakan terkait dengan pengembalian/refund dana sudah sesuai dengan ketentuan di dalam surat pemesanan unit. Dari penjelasan tersebut Bapak Dennic telah menerima dan memahami.

Untuk permintaan refund dana yang Bapak Dennic sampaikan saat ini telah diterima dananya oleh beliau. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kepercayaan Bapak Dennic kepada PT Griya Sukamanah Permai, kami ucapkan terima kasih.


PT Griya Sukamanah Permai

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.