Suara Pembaca

Tekno Garage Kirimkan Laptop Bekas, Akulaku Tak Berikan Solusi

Dian - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 22:02 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Pada tanggal 28 Maret 2020, saya melakukan pemesanan Laptop ASUS di merchant Tekno Garage melalui platform Akulaku. Tanggal 30 Maret 2020, pesanan saya diproses oleh penjual. Saat itu tertera nomor resi dan tidak ada yang mencurigakan.

Lima hari kemudian, saya cek nomor resi yang ternyata tidak dapat dilacak. Saya menghubungi Akulaku dan diminta untuk menunggu hingga 14 hari dari tanggal pemesanan jika merchant tidak ada respons.

Tanggal 15 April 2020 sekitar jam 00:20 WIB, status pesanan menjadi "pesanan dikemas, menunggu pick up kurir" dan tidak ada perubahan sampai dengan tanggal 18 April 2020.

Karena sudah 19 hari kerja menunggu, saya menghubungi Akulaku yang tidak dapat memberikan solusi. Hanya dibantu pelaporan dan diminta untuk menunggu 3-5 hari sampai ada tim dari Akulaku yang menghubungi. Pengajuan pembatalan pesanan juga ditolak oleh Akulaku.

Tanggal 20 April 2020, kurir datang membawa paket dari Akulaku atau Merchant Tekno Garage. Yang mengecewakan adalah barang yang dikirimkan adalah barang bekas, banyak lecet pemakaian, tidak ada baut laptop, buku garansi hanya berupa foto copy.

Saat ini saya terpaksa membayar tagihan pertama sebesar Rp 1.107.000 untuk barang yang tidak saya kehendaki, lalu saya harus menunggu sampai dengan tanggal 04 Mei 2020, hanya untuk membuat laporan kembali dan pada tanggal tersebut pasti sudah ada notifikasi tagihan kedua untuk dibayar.


Dian
08229777****



Jawaban

Tanggapan Akulaku

Menanggapi dimuat nya Suara Pembaca di Detik.com yang ditulis oleh Ibu Dian pada tanggal 04 Mei 2020 dengan judul "Tekno Garage Kirimkan Laptop Bekas, Akulaku Tak Berikan Solusi", kami menyesalkan mengenai pengalaman yang kurang baik yang dialami oleh Ibu Dian.

Sebagai tanggapan dari pelaporan Ibu Dian, kami telah melakukan konfirmasi langsung kepada Ibu Dian bahwa transaksi pembelian laptop Asus telah dibatalkan per tanggal 13 Mei 2020.

Pembatalan tersebut secara otomatis akan mengembalikan dana atas tagihan pertama yang telah dibayarkan serta limit kredit Ibu Dian. Dana atas tagihan pertama tersebut akan masuk ke Saldo sehingga dapat dilakukan penarikan dana dari saldo ke rekening bank Ibu Dian atau digunakan untuk membayarkan tagihan lainnya.

Kami akan memberikan teguran kepada merchant yang terbukti tidak memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan standar Akulaku. Hal ini akan dilakukan supaya kualitas pelayanan semakin baik dan menghindari terulangnya kejadian yang kurang menyenangkan untuk konsumen Akulaku.

Semoga dengan penjelasan ini dapat menjawab surat yang disampaikan oleh Ibu Dian. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.


Eva Ulisiana
Public Relations Akulaku

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.