Suara Pembaca

Manila Lockdown, Pengajuan Refund dari Traveloka Ditolak Cebu Pacific

Theresia - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 21:45 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya melakukan pemesanan tiket pesawat Cebu Pacific melalui Traveloka dengan nomor booking 597318892 tujuan Jakarta-Manila pulang pergi untuk penerbangan tanggal 10 dan 12 April 2020. Karena adanya wabah COvid-19, saya mengajukan refund pada bulan Februari 2020.

Namun menurut Traveloka, pengajuan tersebut ditolak oleh maskapai, karena saat itu Manila belum lockdown. Tanggal 13 Maret 2020, saya mendapatkan informasi bahwa Manila diberlakukan lockdown. Oleh karena itu saya segera mengajukan refund kembali dengan alasan Force Majeur Virus Corona.

Menurut Traveloka, pihak Maskapai Cebu Pacific menolak pengajuan saya tanpa ada keterangan lebih lanjut. Dan yang mengherankan, sejak saat itu pilihan refund untuk pengajuan Force Majeur dihilangkan oleh Traveloka di apliksi. Mohon tanggapannya.


Theresia
Nomor Booking 597318892



Jawaban

Tanggapan Traveloka untuk Ibu Theresia

Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami ketika ingin melakukan proses pengembalian dana (refund) tiket pesawat.

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang telah terbit di Suara Pembaca - Detik.com pada 26 April 2020, dapat kami sampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Ibu Theresia guna berkoordinasi lebih lanjut dan menjelaskan proses refund yang diberlakukan oleh maskapai terkait. Tim Traveloka juga telah menyampaikan solusi terbaik untuk mengatasi keluhan Ibu Theresia.

Setelah melakukan koordinasi intensif dan pengecekan kepada pihak maskapai, dapat kami sampaikan bahwa pengembalian dana Ibu Theresia telah disetujui dan dapat diproses refund secara penuh. Pengembalian dana juga telah kami proses untuk pengiriman kembali ke rekening Ibu Theresia. Adapun informasi ini telah kami sampaikan dan diterima dengan baik oleh Ibu Theresia.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat. Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya. Apabila ada informasi lain yang dibutuhkan, pengguna dapat mengakses Inbox lalu ke bagian Pesan dan memilih menu Ask Our Team (Tanya Tim Kami).

Saat ini kami mendapatkan permintaan reschedule/refund 10x lipat lebih tinggi dari biasanya, dengan jumlah yang mencapai hingga ribuan setiap menitnya. Guna memastikan agar seluruh permintaan pengguna dapat ditangani, kami akan memprioritaskan permintaan pengguna dengan tanggal keberangkatan terdekat.

Pengguna dapat mengakses https://www.traveloka.com/en/coronavirus-information untuk mendapatkan informasi terkini terkait Syarat & Ketentuan yang diberlakukan oleh para mitra, yang relevan dengan pesanan pengguna. Kami juga telah menjawab beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh para pengguna melalui akun Instagram kami, dengan harapan untuk memudahkan pengguna dalam mengecek pesanan mereka.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian, kesabaran dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.


Tim Customer Care Traveloka

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.