Suara Pembaca

Tidak Pernah Ikut Asuransi Chubb Life, Pembatalan Dikenakan Biaya

Wulan - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 18:00 WIB
Keluhan

(SOLVED)

Saya pemilik kartu kredit Bank DBS dan tidak pernah ikut atau mengajukan asuransi jiwa apapun. Namun PT Chubb Life Insurance Indonesia yang mengaku bekerja sama dengan Bank DBS mendaftarkan saya pada program Asuransi Jiwa tanpa persetujuan.

Tanggal 16 Januari 2020, saya mendapatkan email yang berisi Polis Asuransi dengan nomor 0002546965. Saya sudah konfirmasi dan dijelaskan bahwa saya pernah dihubungi untuk ikut asuransi tersebut di awal bulan Januari 2020. Padahal pada awal bulan Januari 2020, rumah saya mengalami musibah kebanjiran dan tidak ada yang menghubungi masalah asuransi.

Ketika saya menghubungi customer service Asuransi Jiwa tersebut untuk pembatalan, ternyata sudah dilakukan debet otomatis kartu kredit sebesar Rp. 400.000 dan pembatalan dikenakan potongan Rp 50.000.

Saya merasa dirugikan karena tidak pernah ikut asuransi dan pembatalan dikenakan biaya Rp 50.000. Mohon tanggapan dan solusinya.


Wulan
0878871****



Jawaban

Tanggapan Surat Pembaca

Sehubungan dengan dimuatnya Suara Pembaca di halaman detik.com berjudul "Tidak Pernah Ikut Asuransi Chubb Life, Pembatalan Dikenakan Biaya" pada Senin, 10 Februari 2020 yang ditulis oleh Sdri Wulan, izinkanlah kami memberikan tanggapan dan penjelasan.

Kami menyayangkan dan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Sdri Wulan. Terkait hal tersebut, kami telah menghubungi beliau dan menindaklanjuti keluhan yang disampaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pada 17 Februari 2020, pihak Chubb Life Indonesia telah berbicara kepada Sdri Wulan dan beliau telah memahami bahwa berdasarkan kebijakan manajemen Chubb Life. Sdri Wulan dapat menerima pengembalian dana secara penuh (full refund) yang akan dilakukan melalui proses kredit pada penagihan berikutnya.

Chubb Life adalah divisi asuransi jiwa internasional dari Chubb dan telah hadir selama lebih dari 30 tahun di Indonesia. Kepuasan nasabah adalah prioritas utama kami, sehingga kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan layanan kepada nasabah.


PT. Chubb Life Insurance Indonesia

=================================================================

Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Pembaca detik.com

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada detik.com. Melalui surat ini, kami ingin memberikan tanggapan atas surat pembaca bertajuk "Tidak Pernah Ikut Asuransi Chubb Life, Pembatalan Dikenakan Biaya", dari Sdri Wulan yang dimuat secara online di detik.com pada 10 Februari 2020.

Dalam surat pembaca disebutkan bahwa penulis menanyakan premi serta Biaya Administrasi Pembatalan atas Produk Asuransi Chubb pada Kartu Kredit Digibank yang dimilikinya. Kami telah berusaha untuk menghubungi Sdri Wulan melalui kontak telepon namun tidak berhasil.

Melalui korespondensi surat elektronik, kami telah menyampaikan informasi kepada Sdri Wulan perihal keikutsertaan produk Asuransi tersebut, serta langkah penyelesaian atas permasalahannya.

Kami berterimakasih kepada Sdri Wulan atas kerjasamanya, juga kepada detik.com yang telah berkenan menayangkan surat tanggapan ini.


Mona Monika
Head of Group Strategic Marketing & Communications
PT Bank DBS Indonesia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.