detikNews
Jumat 22 November 2019, 12:54 WIB

Serah Terima Tak Sesuai Jadwal, Kompensasi dari Puri Orhard Tak Sesuai

Fandy - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Keluarga saya membeli satu unit apartemen di Puri Orchard pada bulan April 2014 dan dijanjikan akan serah terima pada 30 Oktober 2017 secara bertahap dengan batas maksimal 6 bulan yaitu paling lambat pada 30 April 2018.

Sekitar 3 minggu sebelum batas akhir serah terima, saya datang ke lokasi dan diinformasikan bahwa setelah apartemen siap akan mengirimkan undangan.

Satu minggu kemudian saya mendapatkan undangan serah terima yang akan dilakukan pada tanggal 29 April 2018. Pada hari yang ditentukan, saya ke lokasi yang ternyata lobby apartemen masih dalam tahap pembangunan, alat pemadam api belum terpasang, lift penumpang belum tersedia yang berfungsi hanya lift barang.

Unit apartemen saya juga belum dibersihkan karena masih banyak debu debu, kipas exhaust dan rak AC outdoor belum dipasang. Oleh karena itu saya menyampaikan bahwa unit masih belum layak sehingga serah terima tidak dilakukan di hari tersebut.

Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya serah terima dilakukan tanggal 30 September 2018. Setelah proses serah terima dilakukan saya menanyakan mengenai kompensasi keterlambatan dan ternyata saya tidak mendapatkan kompensasi keterlambatan sesuai dengan perjanjian jual beli.

Tim legal PT Adicipta Graha Kencana beralasan pada salah satu pasal bahwa pada saat diundang, pemilik wajib untuk melakukan serah terima tanpa melihat kondisi unit. Setelah saya melakukan komunikasi yang cukup panjang dengan tim developer, saat ini saya diberikan kompensasi sebesar 5 kali free IPL atau setara dengan Rp 4,125 juta (Rp 825 ribu x 5).

Seharusnya kompensasi yang saya dapatkan adalah Rp 26,29 juta, jadi dengan kompensasi tersebut di atas, saya hanya menerima 15% dari kewajiban dengan dalih pasal bahwa pada saat diundang, pemilik wajib serah terima.


Fandy
08567328016
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com