detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 12:44 WIB

Akun Traveloka Disalahgunakan Oknum, Masuk Daftar Hitam BI

Rachman - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Ibarat pepatah, sudah jatuh tertimpa tangga. Itulah yang dialami saya Rachman yang terdaftar sebagai salah satu pemilik akun di Traveloka untuk keperluan pembelian tiket perjalanan luar kota.

Data pribadi saya yang ada di Traveloka diduga disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk pembelian Tiket melalui skema Paylater. Hal ini menyebabkan pengajuan kredit saya ditolak.

Saat saya konfirmasi ke OJK, pihak OJK tak tahu-menahu dan lepas tangung jawab akan hal ini dan tak bisa memastikan penyalahgunaan data pribadi saya perihal kredit yang masih berlangsung dan menunggak tanpa ada kejelasan. OJK hanya menyalahkan pihak pemberi kredit dalam hal ini Traveloka Paylater.

Berbekal SLIK dari OJK, saya langsung ke kantor Traveloka untuk mengajukan pengaduan dan keberatan. Traveloka yang mempekerjakan pihak ketiga PT Caturnusa Sejahtera Finance hanya bisa memberikan dan mengeluarkan surat penyataan yang tidak dapat mengubah catatan Hitam saya di BI CHecking atau SLIK sebagai informasi debitur akan kredit yang tengah berlangsung ini.

Traveloka meminta waktu satu bulan untuk menyampaikan ke OJK perihal penyelesaian masalah ini. Jelas sangat menyita waktu, tenaga, dan biaya. Saya harus kehilangan kredit yang saya ajukan saat ini dan tertunda karena masalah ini. Dan pihak Traveloka tak juga memberi kejelasan akan penindakan oknum yang menyalahgunakan data pribadi konsumennya.


Rachman
0812 96 81626
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com