detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 15:25 WIB

Pelapak Terindikasi Penipu Berimbas Dibekukannya Bukadompet Pembeli

Khoirul - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Tepat pada tanggal 22 Juli 2019, saya melakukan transaksi pembelian barang di Bukalapak, tak seperti biasanya kali ini yang saya alami. Tak selang waktu lama sejak saya melakukan pembayaran atas transaksi, ada nomor asing yang menelepon nomor saya dan mengaku customer service dari Bukalapak yang menginformasikan untuk mentransfer sejumlah uang.

Dengan sigap saya menghubungi BukaBantuan Bukalapak sesuai dengan fitur yang tersedia di aplikasi dan dijelaskan bahwa pelapak atas barang yang saya beli terindikasi penipuan. Atas hal tersebut, saya disarankan untuk tetap mengikuti prosedur yang ada. Tepat Tanggal 25 Juli 2019, transaksi saya otomatis terbatalkan karena adanya notifikasi bahwa akun Pelapak yang terindikasi penipuan tersebut diblokir.

Namun atas kejadian tersebut juga berdampak pada akun Bukalapak saya yang mana dana refund atas transaksi pembelian dengan kasus pelapak yang terindikasi penipuan, justru berakhir mengorbankan pembeli dengan adanya pembekuan dana Bukadompet dengan alasan keamanan.

Beragam cara telah saya tempuh sejak dibekukannya tanggal 25 Juli 2019, namun tidak memberikan hasil yang sesuai hingga diterbitkannya surat pembaca ini. Terima kasih.


Khoirul
08595452****

(05/08/2019)
Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Detik.com tertanggal 5 Agustus 2019 yang ditulis oleh Bapak Khoirul perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Pelapak Terindikasi Penipu Berimbas Dibekukannya Bukadompet Pembeli", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Terkait kendala yang dialami oleh Bapak Khoirul, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung terkait adanya kendala pada Bukadompet Bapak Khoirul yang dibekukan. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut bahwa Bukadompet dibekukan untuk pengamanan atas transaksi 192272634723 yang terindikasi adanya penipuan pada transaksi tersebut.

Saat ini Bukadompet telah diaktifkan kembali dan transaksi tersebut telah dilakukan pembatalan. Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.


Intan Wibisono
Head of Corporate Communication Bukalapak

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed