detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 15:01 WIB

Barang Diterima Rusak, Bukalapak Menutup Komplain Sepihak

PMH Sitohang - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Pada tanggal 11 Juli 2019, saya membeli layar LED laptop second dan baterai Toshiba dari pelapak Tegar Kurniawan dari Lampung Tengah. Empat hari kemudian pesanan saya terima, tetapi kondisi barang rusak tidak bisa digunakan dan diakui sendiri kebenarannya oleh pihak pelapak yang saya hubungi melalui chat.

Saat itu juga saya saya langsung melakukan proses retur barang sesuai dengan yang diatur oleh Bukalapak dan disepakati bahwa uang saya akan dikembalikan.

Tanggal 16 Juli 2019, saya menelepon Bukalapak untuk meminta pertanggungjawaban karena tidak ada informasi apapun. Setelah itu saya secara tegas menolak menanggung biaya ongkos kirim retur karena saya tidak mau dirugikan lagi.

Tanggal 21 Juli 2019, saya menerima notifikasi Bukalapak bahwa dana telah dikembalikan kepada pelapak, dalam hal ini adalah saya. Padahal refund belum saya terima. Bahkan yang mengecewakan, Bukalapak menutup komplain saya dan dana telah diteruskan kepada pihak penjual.

Semoga dengan surat pembaca ini, Bukalapak dapat segera memberikan solusi kepada konsumennya yang telah dirugikan oleh pelapaknya yang telah menjual barang rusak. Terima kasih.


PMH Sitohang
ID Akun bukalapak yohana damayanti
08136753****
Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Detik.com tertanggal 30 Juli 2019 yang ditulis oleh Ibu Yohana Damayanti perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul "Barang Diterima Rusak, Bukalapak Menutup Komplain Sepihak" izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Terkait kendala yang dialami oleh Ibu Yohana, kami sudah mencoba untuk melakukan konfirmasi melalui email kepada beliau perihal barang yang diterima dalam keadaan rusak. Kami juga sudah menyampaikan perihal pergantian ongkos kirim untuk pengiriman barang retur tersebut ke pelapak.

Namun, dikarenakan tidak ada konfirmasi kembali dari Ibu Yohana selaku pembeli perihal pengembalian barang retur ke pelapak hingga batas waktu yang ditentukan, maka transaksi tersebut sudah selesai dengan penerusan dana ke pelapak.

Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini. Bukalapak akan selalu bekerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja.

Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.


Intan Wibisono
Head of Corporate Communication Bukalapak

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed