detikNews
Senin 08 Juli 2019, 14:06 WIB

Kartu Kredit BRI di 'Hack', Transaksi di Bukalapak tanpa OTP

Slamet - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Sudah ada tanggapan)

Pada tanggal 18 April 2019, saya menerima email notifikasi dari Kartu Kredit Bank BRI terkait dengan adanya transaksi di Bukalapak sebesar Rp 4.822.000 yang pembayarannya menggunakan BRI Mastercard. Transaksi ini terjadi tanpa adanya OTP (One Time Password) yang masuk ke nomor ponsel saya.

Hati itu juga saya menghubungi call centre kartu kredit BRI dan telah dilakukan pemblokiran kartu kredit tersebut. Saya diminta membuat laporan sanggahan transaksi yang akan membutuhkan waktu investigasi selama 20 hari kerja. Saya juga menghubungi Bukalapak, diinformasikan bahwa laporan saya akan ditindaklanjuti dan akan diinformasikan melalui email.

Tanggal 19 April 2019, jam 12.08 WIB, saya menerima email dari Bukalapak yang menyarankan saya untuk menghubungi bank penerbit kartu kredit. Bukalapak tidak dapat menjanjikan pengembalian dana karena setelah dilakukan pengecekan, transaksi tersebut sedang dalam proses pengiriman barang dan Bukalapak hanya dapat menonaktifkan akun pihak pelaku.

Esok harinya saya mendapatkan hasil investigasi dari pihak kartu kredit BRI yang menyatakan bahwa saya tetap harus membayar tagihan sebesar Rp. 4.822.000. Dan yang lebih mengejutkan adalah saya mendapatkan dua email notifikasi dari kartu kredit Bank BRI terkait adanya dua transaksi di Bukalapk pada tanggal 27 April 2019 sebesar Rp 6.422.000 dan sebesar Rp 6.470.000 dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Visa tanpa adanya notifikasi OTP.

Saya juga telah melaporkan kejadian ini ke BRI dan Bukalapak. Tetapi sampai dengan saat ini tidak ada solusi atas tiga transaksi yang tidak saya lakukan tersebut. Yang saya sayangkan adalah dari ketiga transaksi yang terjadi, tidak satupun SMS kode OTP yang masuk ke nomor saya, padahal di website Bukalapak dikatakan Bukalapak menerima pembayaran dengan menggunakan kartu yang mendukung fasilitas keamanan 3-D secure.

Saya meminta pihak Bukalapk untuk proaktif dan sigap menindaklanjuti pembajakan kartu kredit BRI saya di Bukalapk dan saya juga meminta pihak Bukalapk untuk bertanggungjawab dengan mengembalikan dana yang sudah terdebet di kartu kredit saya. Terima kasih.


Slamet
08124274****

(27/06/2019)
Jawaban

Tanggapan Bukalapak

Bukalapak mengucapkan terima kasih atas hubungan yang sudah terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Detik.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Detik.com yang ditulis oleh Bapak Slamet tertanggal 27 Juni 2019 berjudul "Kartu Kredit BRI di 'Hack', Transaksi di Bukalapak tanpa OTP", izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

Perihal keluhan yang dialami oleh Bapak Slamet, kami sudah melakukan konfirmasi secara langsung kepada beliau terkait permasalahan pada kode transaksi 191954821159, 191990839275 dan 191990780885.

Kami telah berkoordinasi dengan pihak bank penerbit kartu kredit Bapak Slamet dan pihak bank tersebut akan melakukan konfirmasi secara langsung kepada Bapak Slamet atas penyanggahan dari tiga transaksi tersebut. Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini.

Bukalapak akan selalu berkerjasama dengan para Pelapak dan Pembelii,demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.


Intan Wibisono
Head of Corporate CommunicationBukalapak



Simak Video "Main-main ke Kantor Bukalapak yang Kece di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed