detikNews
Senin 24 Juni 2019, 13:03 WIB

Beli Laptop Bermasalah, Kecewa Layanan Purna Jual KLIKnKLIK

Meir - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Pada tanggal 10 Maret 2019, saya membeli 1 unit Laptop baru Dell Inspiron di KLIKnKLIK Mangga Dua Mall. Saat itu ada promo cashback dari Blibli instore senilai Rp 500 ribu yang saya tukarkan dengan Screen Guard, LCD Cleaning Kits, Skin Keyboard.

Ketika dilakukan pengetesan, touch screen berfungsi dengan normal dan setelah pemasangan screen guard, semua juga tampak normal. Setibanya di rumah, saya mencoba laptop yang ternyata kursor pada touch screen berhenti di satu titik dan menjadi tidak responsif secara keseluruhan.

Setelah dilakukan restart, laptop berfungsi dengan normal. Sebulan kemudian, laptop saya bawa untuk klaim garansi karena masalah tersebut tak kunjung tertatasi dan bahkan cenderung semakin parah karena bukan hanya satu titik tapi menjadi satu garis vertikal.

Tanggal 20 April 2019, saya bawa unit ke KLIKnKLIK Bekasi untuk klaim. Laptop harus dibawa ke DSSC (Garansi Distributor Laptop DELL) karena masalahnya adalah hardware. Yang mengecewakan adalah, KLIKnKLIK hanya mengarahkan saya untuk membawa ke DSSC yang berarti tidak sesuai dengan janji pada awal pembelian.

Berharap bisa ditangani lebih cepat, saya bawa ke KLIKnKLIK Mangga Dua Mall. Sebagai informasi, sales KLIKnKLIK Mangga Dua yang menjual unit produk menyakinkan saya bahwa tidak ada bedanya perlakuan antara garansi resmi dan garansi distributor. Padahal kenyataannya sangat berbeda, sangat timpang kualitas antara garansi resmi dan garansi distributor. Seandainya sales mengemukakan kelemahan tersebut, tentu saja saya lebih memilih produk dengan garansi resmi.

Di KLIKnKLIK Mangga Dua, disampaikan bahwa garansi toko berlaku tiga hari pasca pembelian, di luar dari periode tersebut menjadi tanggungan DSSC. Padahal kami merasa tidak diinformasikan mengenai hal tersebut dan tidak ada ketentuan di invoice.

Akhirnya saya bawa unit ke DSSC yang menurut petugas, unit harus diinapkan untuk diperbaiki tanpa ada kepastian. Namun karena usia produk baru satu bulan, diberikan keterangan urgent pada unit laptop tersebut, agar bisa diprioritaskan untuk diperbaiki.

Tanggal 10 Mei 2019, saya dihubungi kembali oleh DSSC untuk mengambil unit yang diperbaiki. Ternyata setelah dicoba selama setengah jam, masalahnya masih ada, touch screen belum responsif dan petugas menawarkan agar unit dibawa dahulu untuk dipakai, sembari menunggu screen pengganti.


Meir
08521970****

(18/06/2019)
Jawaban

Pada tanggal 19 Juni 2019 Bpk. Hendry selaku manager Kliknklik telah menghubungi saya dan memberikan solusi terhadap persoalan ini. Saya telah mendapat pengembalian dana melalui transfer pada tanggal 21 Juni 2019 sesuai dengan nominal yang tertera pada invoice.

Saya berterima kasih kepada detik.com sudah membantu menyelesaikan persoalan saya ini. Dan juga kepada Bpk. Hendry yang telah bersimpati terhadap persoalan saya dan memberikan respon yang baik dan cepat.

Dengan demikian kasus ini sudah selesai dan bisa ditutup. Terima kasih.


Meir

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed