DetikNews
Senin 15 April 2019, 14:02 WIB

Dinyatakan Hilang, Klaim Paket Hilang JNE belum Diterima

Ian - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Pada tanggal 1 Februari 2019 saya mengirimkan sebuah paket barang yang berisikan dompet dan krim wajah, dari Tangerang Selatan menuju Surabaya, menggunakan layanan JNE YES melalui agen JNE di Bintaro Jaya sektor IX, dengan nomor resi 540300019688918. Barang yang seharusnya satu hari diterima, hingga saat ini tidak sampai.

Saya sudah melakukan pengaduan ke pihak customer service JNE melalui call center. Sudah pernah ditanggapi oleh customer service dan dinyatakan barang tersebut dibatalkan oleh pihak agen. Saya disuruh untuk konfirmasi dengan agen di Bintaro untuk mencaritahu kondisi paket tersebut. Saya menolak dan meminta pihak JNE yang harus mencari tahu, kemudian diinformasikan kepada pelanggannya. Setelah beberapa waktu saya dikabari dan dinyatakan barang hilang.

Karena barang dinyatakan hilang, maka saya diminta untuk mengajukan permohonan klaim barang hilang, dan saya telah mengirimkan berkas-berkas yang diminta untuk proses pengajuan klaim. Setelahnya, beberapa kali saya ditelepon pihak customer service JNE hanya untuk menanyakan keberadaan barang yang sudah jelas-jelas hilang karena kelalaian pihak JNE.

Setelah beberapa minggu ketidakjelasan pihak JNE, pihak JNE pusat melimpahkan kasus saya kepada pihak JNE Tangerang, dengan alasan barang yang hilang merupakan tanggung jawab pihak JNE Tangerang. Mengapa tidak dari awal diarahkan ke JNE Tangerang, minimal seharusnya bisa lebih cepat.

Saya dihubungi pihak JNE Tangerang pertama kali di awal Maret 2019, yang artinya sudah 1 bulan sejak saya pertama mengirimkan barang. Hal yang sama terulang lagi, saya diminta untuk mendatangi agen di Bintaro untuk menanyakan paket yang hilang tersebut. Saya lagi-lagi menolak dan minta keseriusan pihak JNE untuk menyelesaikan masalah saya.

Akhirnya dijanjikan akan diberi kabar paling lambat tanggal 14 Maret 2019 mengenai pengembalian dana. Tapi saya tidak mendapat kabar apa-apa, hingga pada tanggal 18 Maret 2019 saya mengontak petugas JNE Tangerang yang menghubungi saya sebelumnya dan minta follow up segera pengaduan saya.

Sebelas hari kemudian, tanggal 29 Maret 2019 saya dihubungi kembali oleh pihak JNE Tangerang, menjelaskan bahwa klaim yang ditanggung hanya senilai 10x ongkos kirim, yaitu maksimal senilai Rp. 370.000. Mereka juga mengonfirmasi nomor rekening saya dan dijanjikan dalam waktu dekat akan ditransfer. Sampai dengan hari ini, saya belum menerima ganti rugi dari pihak JNE.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan customer service JNE yang berbelit-belit dan merepotkan pelanggan. Kesalahan saya adalah memang tidak mengasuransikan barang yang dikirimkan. Tetapi proses sejak awal pengiriman barang ini sudah berjalan 2 bulan, dan saya harus mengalami kerugian ganda, yaitu kehilangan barang yang dikirim dan kehilangan waktu selama 2 bulan.

Saya mohon kepada pihak JNE agar lebih profesional dalam mengatasi keluhan pelanggan. Pada akhirnya mungkin saya akan mendapat ganti rugi seperti yang dijanjikan walaupun tidak sesuai dengan kerugian saya, tetap saja hal itu tidak menyudahi kekecewaan saya terhadap pelayanan JNE yang tidak profesional.


Ian
08121369388
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
jne
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed