detikNews
Senin 18 Maret 2019, 14:03 WIB

Menjadi Korban Skimming, Mohon Tanggung Jawab BCA

Ardhyan - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(SOLVED)

Pada tanggal 25 November 2018, ketika saya hendak membayar tagihan kartu kredit BCA melalui mobile banking BCA, ada notifikasi "Saldo anda tidak mencukupi". Ternyata saldo saya hanya tersisa Rp 142.179 dari saldo sebelumnya Rp 9.604.026.

Dari cek mutasi, diketahui ada penarikan uang di lokasi yang sangat asing buat saya yaitu Taman Connaught yang baru saya ketahui ternyata berada di Malaysia setelah mencoba mencarinya melalui Google. Dengan sisa saldo tersebut, saya membeli pulsa untuk menelepon BCA dengan maksud melaporkan masalah yang terjadi terhadap tabungan saya.

Saya diminta untuk menunggu hasil investigasi selama 10 hari kerja dan mendapatkan nomor pelaporan 2107051784. Setelah lebih dari 10 hari kerja, saya menelepon BCA dan dijanjikan hasil investigasi akan dikirim ke rumah saya dengan dengan kisaran waktu 14 hari kerja.

Tanggal 2 Januari 2019, saya mencoba menelepon kembali BCA untuk menanyakan hasil investigasi dan katanya hasil investigasi sudah dikirim pada tanggal 10 Desember 2018. Dari hasil tanya jawab, ternyata ada kekurangan mencatat alamat rumah saya sehingga dibuatkan nomor pelaporan baru dan pengiriman baru dengan waktu tunggu 14 hari kerja.

Akhirnya saya menerima surat hasil investigasi yang isinya antara lain " Transaksi yang terjadi tanggal 25 dan 26 November 2018 sebesar Rp. 9.357.547 dilakukan di jaringan mesin ATM Internasional Cirrus.

Bagaimana bisa ada transaksi di luar negeri dengan menggunakan kartu ATM dan nomor PIN saya yang pada saat itu posisi saya beserta kartu ATM yang sudah menggunakan Chip sedang berada di rumah dan tidak sedang melakukan transaksi apapun. Apakah dengan adanya transaksi illegal tersbeut saya yang di salahkan?

Disini pada dasarnya saya meminta pertanggung jawaban kepada pihak Bank BCA atas hilangnya uang yang saya titipkan. Jika mengacu kepada hasil investigasi Bank BCA tidak cukup jelas siapa yang harus bertanggung jawab dan saya sebagai nasabah merasa dirugikan akan kejadian ini. Mohon di pertimbangkan dengan bijaksana. Terima kasih.


Ardhyan
08571955****

(30/01/2019)
Jawaban

Tanggapan BCA

Menanggapi keluhan Bapak Ardhyan melalui rubrik Suara Pembaca di Detik.com pada tanggal 30 Januari 2019, dengan judul "Menjadi Korban Skimming, Mohon Tanggung Jawab BCA", perkenankan kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan yang telah diberikan kepada PT Bank Central Asia, Tbk.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut dapat kami informasikan bahwa petugas BCA telah memberikan penjelasan dan penyelesaian permasalahan tersebut pada tanggal 1 Februari 2019. Sekali lagi, kami mohon maaf atas kekurangnyamanan yang dialami beberapa waktu yang lalu.

Demikian disampaikan. Terima kasih.


PT Bank Central Asia, Tbk
Biro Hubungan Masyarakat

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
bca


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com