DetikNews
Rabu 28 November 2018, 13:40 WIB

Tidak Sesuai Penawaran, Mystery Box JD.ID Mengecewakan

Yudha - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 9 dan 10 November 2018, JD.ID membuat iklan dengan janji produk yang diterima mempunyai harga beberapakali lipat dibanding harga pembelian. Saya melihat sendiri bagaimana dengan box yang dibeli seharga Rp 11 ribu (9 November 2018) dan Rp 111 ribu (10 November) pembeli Mystery Box memperoleh barang dengan nilai kisaran 2 sampai 5 kali dari harga mystery boxnya.

Saya membeli Mystery Box seharga Rp 11 juta dengan nomor pesanan 241670799 yang diselenggarakan pada tanggal 11 November 2018 dengan harapan akan memperoleh barang beberapakali lipat dari harga Rp 11 juta tersebut.

Tetapi setelah Mystery Box saya terima, barang yang saya dapatkan sungguh mengecewakan, saya mendapat Samsung Note 9 128 Gb dengan ram 6 Gb. Jika ditelusuri di JD.ID sendiri, barang tersebut bernilai sekitar Rp 11,5 juta.

Dengan selisih yang tidak terlampau besar yakni sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta, pastinya membuat saya sangat kecewa, karena modal yang saya keluarkan tidak sedikit. Disamping itu, barang yang saya dapatkan berjenis Smartphone yang memiliki nilai penyusutan relatif cepat.

Berhubung JD.ID tidak bersedia refund barang ini, saya mencoba untuk menjual sendiri. Saya telah menanyakan beberapa counter handphone untuk membantu menjual barang ini, namun hanya ditaksir harga Rp 10,5 juta, berarti saya bisa rugi Rp 500 ribu.

Melalui surat ini, saya mohon:
1. Jika tidak bisa refund dananya, mohon bantuan pihak JD.ID untuk dapat menjual barang tersebut dengan nilai minimal seharga Mystery Boxnya Rp 11juta, paling tidak saya bisa balik modal.

2. Agar pada promo Mystery Box selanjutnya sertakan informasi nilai prosentase keuntungan barang yang akan didapatkan, sehingga para pembeli Mystery Box tidak berjudi dan berekspektasi setinggi langit.


Yudha
Nomor Pesanan 241670799

(22/11/2018)
Jawaban

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Yudha

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Yudha pada 22 November 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID telah menghubungi konsumen untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kami memahami kekecewaan konsumen akan hal ini. Kami juga memohon maaf jika kurang jelas memberikan informasi sehingga interpretasi konsumen begitu besar terhadap program ini.

Perlu kami informasikan bahwa seperti yang sudah kami pasang di banner kami, syarat dan ketentuan yang berlaku untuk Mystery Box senilai Rp11.000.000,00 adalah Mystery Box yang didapatkan harganya lebih dari yang Anda bayarkan (bukan berlipat-lipat).

Sedangkan untuk standar harga, kami selalu menggunakan harga yang tercantum di website JD.ID sebagai standar dan perlu diinformasikan bahwa harga Samsung Galaxy Note 9 tersebut di JD.ID dibanderol dengan harga Rp11.499.000,00. Oleh karena itu, semua prosedur program telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Program Mystery Box untuk Samsung Galaxy Note 9 jumlahnya terbatas sehingga konsumen merupakan salah satu konsumen yang beruntung terpilih untuk mendapatkan Mystery Box ini di antara banyaknya konsumen lain yang berebut ingin mendapatkannya.

Kami mengapresiasi kepercayaan konsumen atas antusiasmenya untuk ikut serta di program ini. Saat ini, kami telah menghubungi kembali konsumen untuk menjelaskan hal ini. Dengan demikian, permasalahan ini dianggap selesai.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya. JD.ID selalu berkomitmen menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang menyenangkan dan memberikan layanan prima kepada para pelanggan JD.ID di seluruh Indonesia.


Iwan Arigayota
Head of Customer Service JD.ID

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed