DetikNews
Selasa 13 November 2018, 14:22 WIB

Transaksi Game Online, Pulsa XL Terpotong, Gem tidak Didapat

Eric - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Saya adalah pengguna setia nomor XL yang sudah terbiasa menggunakan layanan potong pulsa untuk membeli gem di game online, namun baru kali ini saya mengalami hal tidak menyenangkan seperti ini.

Jumat, 2 November 2018, jam 7.22 WIB, saya membeli pulsa XL sebanyak Rp 100 ribu dengan tujuan untuk membeli gem di game berjudul The Alchemist Code (selanjutnya disingkat TAC). Ketika mencoba melakukan pembelian "Bag of Gems" senilai Rp 86.000, saya mendapatkan masalah. Karena merasa belum berhasil, saya mencoba klik lagi, tapi kali ini mendapatkan pemberitahuan bahwa saldo tidak cukup.

Saya cek saldo XL dan mendapati saldo sudah berkurang. Lalu saya segera menghubungi customer service XL di Twitter dan setelah diskusi di Twitter, saya diminta untuk menghubungi pihak game. Saya menghubungi pihak game TAC (PT Gumi), dan diminta menunggu 24 jam, untuk antisipasi gem terlambat dikirim.

Tapi apabila lewat 24 jam, saya diminta menyediakan keterangan tambahan berupa transaction ID. Tapi masalahnya, setelah error tersebut saya tidak mendapatkan email apapun berisikan transaction ID tersebut. Setelah lewat 24 jam, saya reply ke Gumi bahwa saya tidak memiliki transaction ID.

Sabtu malam, tanggal 3 November 2018, saya menghubungi XL lagi untuk memberi tahu bahwa pihak game meminta transaction ID, dan saya meminta bantuan CS XL. Senin pagi, 5 November 2018, saya menghubungi Google Support. Pembicaraan dengan Google Support menyatakan tidak ada transaksi yang berhasil.

Pembicaraan tersebut saya screenshot, dan kembali saya kirim ke CS XL. Tak lupa saya sertakan bukti isi pulsa Rp 100 ribu dari ATM hari Jumat jam 7.22 pagi. Konfirmasi terakhir dengan pihak Gumi juga menyatakan bahwa apabila tidak ada transaction ID berarti transaksi gagal.

Namun pihak XL bersikeras bahwa mereka mencatat transaksi yang berhasil, dan saya harus menghubungi pihak Google. Namun ketika saya minta bukti transaksi yang berhasil tersebut, XL menyatakan tidak bisa memberikannya.

Sampai di sini saya sudah putus asa untuk bisa memperoleh kembali pulsa saya yang terpotong. Pihak XL selalu bersikeras transaksi berhasil, dan supaya saya menghubungi pihak Google saja, sementara pihak Google ataupun Gumi membutuhkan bukti order number/transaction ID.


Eric
08778033****

(13/11/2018)
Jawaban


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed