DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 11:30 WIB

Jatuh Tempo Kredit KTA Bank DBS Dimajukan Sepihak

Herbert - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Saya seorang nasabah yang mengambil kredit KTA di bank ANZ pada tahun 2015. Sejak tahun 2017, kredit tersebut diambil alih oleh Bank DBS. Sesuai dengan perjanjian kontrak kredit, jatuh tempo pembayaran tagihan saya adalah tanggal 26 setiap bulannya.

Pada tanggal 27 September 2018, seorang pegawai Bank DBS menghubungi saya untuk menanyakan pembayaran tagihan bulan September 2018. Saya menjawab bahwa tagihan telah saya bayar pada tanggal 26 September 2018 sebesar Rp 3.380.700, sesuai dengan kewajiban yang saya harus bayar.

Akan tetapi, pegawai Bank DBS tesebut menyatakan bahwa saya harus membayar sejumlah denda pada bulan berikutnya karena dianggap telah terlambat membayar. Atas informasi tersebut saya coba untuk mengkalirfikasi berulang kali ke nomor 021-30400695 ataupun ke hotline DBS 1500327.

Sayangnya, setelah berhari-hari mencoba menelepon, selalu sibuk dan bahkan tidak beroperasi pada akhir pekan. Sangat aneh jika DBS melakukan kebijakan sepihak, padahal saya selalu membayar tagihan pada tanggal 26 setiap bulan, namun kenapa kali ini dikenakan denda dengan alasan terlambat setor.


Herbert
082126008***

(08/10/2018)
Jawaban

Tanggapan Bank DBS Indonesia

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan Detik.com kepada PT Bank DBS Indonesia (DBSI) selama ini.

Melalui surat ini, kami ingin memberikan tanggapan atas surat pembaca bertajuk "Jatuh Tempo Kredit KTA Bank DBSI Dimajukan Sepihak" dari Sdr. Herbert Agus Suranta Munthe yang dimuat secara online pada media Detik.com tanggal 8 Oktober 2018.

Dalam surat pembaca disebutkan bahwa penulis menanyakan perihal status pembayaran angsuran fasilitas Dana Bantuan Sahabat yang menurut beliau telah dibayarkan tetap waktu namun masih dikenakan Denda Keterlambatan.

Sehubungan dengan keluhan tersebut, kami telah menghubungi Sdr. Herbert Agus Suranta Munthe untuk menyampaikan konfirmasi bahwa tanggal jatuh tempo fasilitas Pinjaman Dana Bantuan Sahabat beliau masih tetap sama. Kami juga menjelaskan tata cara pembayaran angsuran yang berlaku pada DBSI.

Kami sangat berterima kasih kepada Sdr. Herbert Agus Suranta Munthe atas kerjasamanya yang baik, juga kepada Detik.com yang telah berkenan menayangkan surat tanggapan ini.


Mona Monika
Head of Group Strategic Marketing & Communications
PT Bank DBS Indonesia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
dbs
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed