DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 16:55 WIB

Kecewa dengan Layanan Customer Service Grapari Telkomsel

Frinka - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Smartphone saya dicopet saat berada di Banjarmasin pada tanggal 25 Agustus 2018. Saya sudah menghubungi call center Telkomsel 188 untuk blokir nomor agar tidak disalahgunakan.

Melalui pencarian google, saya baru mengetahui cara melacak posisi smartphone yang hilang sesuai peta. Untuk itu, saya kembali menghubungi call center Telkomsel untuk buka blokir, saya diarahkan untuk langsung datang ke Grapari dan membawa KTP. Karena hari Sabtu saat itu sudah malam, Grapari tidak ada yang buka, saya memutuskan ke Grapari pada hari berikutnya.

Hari Minggu tanggal 26 Agustus 2018, saya terbang ke Jakarta dan datang ke Grapari di Terminal 3 Ultimate pada pukul 11 siang. Saya minta kepada pegawai Grapari untuk buka blokir nomor agar smartphone saya dapat dilacak. Di saat bersamaan suami di Banjarmasin melapor ke Polsek Banjarmasin dan menunggu sampai nomor saya aktif. Apabila nomor sudah aktif, Polsek akan bergerak untuk mendatangi posisi smartphone saya.

Saat saya meminta buka blokir untuk dapat melacak smartphone, pegawai Grapari sempat mengobrol dengan saya tentang cara melacak smartphone. Kemudian pegawai Grapari menyampaikan bahwa untuk mengaktifkan nomornya lagi harus membeli paket internet 2GB senilai 25 ribu rupiah. Setelah itu pegawai Grapari tersebut pergi ke ruang kantor untuk memproses.

Kemudian saya diberi kartu baru dan diinfokan bahwa nomor saya sudah dialihkan ke kartu baru tersebut. Spontan saya kaget dan protes menanyakan kenapa kartu saya diganti, padahal saya tadi minta buka blokir nomor saja. Pegawai tersebut hanya terpaku kebingungan. Saya minta kartu lama saya yang berada di smartphone yang dicopet diaktifkan kembali, pegawai Grapari menyampaikan bahwa kartu lama sudah tidak dapat diaktifkan kembali karena sudah dialihkan ke kartu baru.

Tiga hari kemudian tanggal 29 Agustus 2018, saya menerima SMS dari Telkomsel yang menerangkan bahwa sudah konfirmasi kepada CSR (pegawai Grapari) yang bertugas saat saya datang dan diinfokan oleh CSR tersebut saya datang untuk penggantian kartu, dan diedukasi oleh CSR apabila mau digantikan kartu saya diwajibkan aktivasi konten dan saya mengiyakan.

Saya cukup lelah untuk masalah ini. Dalam SMS tersebut saya justru diinfokan bahwa saya minta ganti kartu karena smartphone saya hilang. Mohon Telkomsel dapat menganalisis hal ini: Apabila saya ingin melacak smartphone saya, wajarkah saya minta ganti kartu? Saya sudah menghubungi call center untuk buka blokir nomor, bukankah saya datang ke Grapari pun juga minta buka blokir?


Frinka
08131505****

(01/10/2018)
Jawaban

Tanggapan Telkomsel

Merujuk pada surat pembaca di Detik.com pada tanggal 1 Oktober 2018 oleh Ibu Frinka mengenai Kecewa dengan Layanan Customer Service Grapari Telkomsel. Dapat kami sampaikan bahwa Telkomsel telah melakukan pemeriksaan terhadap kendala yang dialami oleh pelanggan.

Telkomsel juga telah menghubungi secara langsung untuk memberikan penjelasan serta memberikan solusi yang terbaik. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang
dialami dan terima kasih atas saran serta kritik yang disampaikan kepada Telkomsel.

Beragam informasi produk, fitur, serta layanan self care dari Telkomsel dapat diakses tanpa biaya melalui browser interaktif *111# untuk kartuHalo, *999# untuk simPATI, *100# untuk Kartu As dan *567# untuk LOOP. Pelanggan dapat menghubungi Call Center 188, dimana pelanggan kartuHalo tidak dikenakan biaya, sedangkan pelanggan simPATI, Kartu As dan LOOP dikenakan biaya Rp 300 per panggilan.

Selain itu pelanggan dapat mengunjungi berbagai channel digital Telkomsel, mulai dari web https://my.telkomsel.com dan aplikasi myTelkomsel, e-mail ke cs@telkomsel.co.id, TselCHAT, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Ibu Frinka dalam menggunakan beragam produk dan layanan Telkomsel. Kepuasan ataupun masukan pelanggan adalah inspirasi bagi kami untuk selalu melakukan inovasi baru dan secara konsisten memberikan layanan yang terbaik.


Singue Kilatmaka
Manager Media Relations
PT Telekomunikasi Seluler

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed