DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 18:34 WIB

Ninja Xpress Nyatakan Pesanan Tokopedia Rusak, Pembeli Dirugikan

Susi - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 10 Mei 2018, saya membeli makanan kucing kering dari salah satu penjual di Tokopedia dan untuk pengirimannya memilih menggunakan jasa Ninja Xpress dengan nomor resi TKNX 159103889-0.

Esok harinya ada notifikasi bahwa barang saya sudah diambil oleh kurir Ninja Xpress dan tanggal 12 Mei 2018 diinformasikan bahwa pesanan sedang diantarkan.

Tanggal 14 Mei 2018, saya mendapat email dari Ninja Xpress yang menyatakan bahwa barang rusak saat pengiriman dan akan dilakukan proses investigasi selama 3x24 jam.

Tanggal 17 Mei 2018, Ninja Xpress menginformasikan melalui email bahwa paket saya rusak sehingga diarahkan untuk penggantian dana dengan mengikuti link yang diberikan oleh Tokopedia.

Yang mengecewakan saya adalah Ninja Xpress hanya melakukan penggantian sebesar 10 kali ongkos kirim, yaitu sebesar Rp 80.000 karena saya tidak menggunakan asuransi. Padahal harga paket tersebut lebih tinggi.

Saya merasa dijebak telah mengikuti link penggantian dana tersebut, padahal saya hanya ingin agar pesanan tetap dikirimkan. Saya sudah komplain di Pusat Resolusi dengan meminta agar barang dikembalikan ke penjual untuk dikemas ulang dan penjual pun menerima solusi tersebut.

Tapi pihak Tokopedia seperti mempersulit poses pengembalian barang dengan mengatakan sedang berkoordinasi dengan Ninja Xpress. Sedangkan dari beberapakali menghubungi Ninja Xpress, disampaikan belum ada konfirmasi dari pihak Tokopedia.

Sampai dengan surat ini saya kirmkan, belum ada penyelesaian atas masalah yang saya alami. Saya mminta pihak Ninja Xpress untuk mengembalikan pesanan yang menurut foto yang dikirimkan, isinya tidak mengalami kerusakan.


Susi
0818144***

(21/06/2018)
Jawaban

Tanggapan Tokopedia

Berdasarkan pengecekan lebih lanjut terhadap kasus yang dialami oleh Saudari Susi, kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya dikarenakan kami menemukan adanya kesalahan saat melakukan pengiriman barang dari sisi logistik pengiriman, sehingga barang tersebut tidak sampai pada Saudari Susi.

Per 2 Juli 2018 transaksi tersebut telah dibatalkan dan dana atas transaksi tersebut telah dikembalikan kepada Saudari Susi. Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.


Tim Tokopedia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed