DetikNews
Rabu 06 Juni 2018, 16:54 WIB

Akun Dibajak Oknum Pelapak, Mohon Solusi Bukalapak!

Rusdi - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Saya membeli smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 di Bukalapak.com dengan pelapak Fazal Amylin pada tanggal 1 Juni 2018 dan mendapat nomor tagihan Bukalapak BL1811D2J3AHINV. Uang sejumlah Rp 2.489.440 sudah saya bayarkan melalui Indomaret.

Setelah melakukan pembayaran, saya menerima pesan Whatsapp dari nomor 0831 3760 3508 yang mengatasnamakan pelapak dan meminta saya membuka link otentikasi order barang untuk memastikan pemesanan saya.

Sebagai orang awam dan baru pertama kali membeli produk di Bukalapak, tanpa ragu saya klik link tersebut yang kemudian saya sadar telah terjadi phising. Selanjutnya, akun Bukalapak saya tidak bisa saya akses. Kemungkinan sudah dibajak dan digunakan si pelapak penipu tersebut.

Pada hari yang sama, saya menghubungi customer service Bukalapak dengan nomer aduan 4448703 dan diberitahukan bahwa akan ada email dari pihak terkait di Bukalapak dan natinya mohon dibalas kalau diminta mengirimkan bukti transaksi serta berkas lainnya. Setelah mengirimkannya, saya mendapatkan email balasan agar menunggu selama 7x24 jam.

Tetapi sampai hari ke-3 masih belum belum ada kejelasan perihal proses penyelesaian laporan saya. Maka, saya hubungi lagi Bukalapak dan mendapatkan nomer aduan baru 4495613 yang katanya nomor aduan ini masih terkait dengan aduan terdahulu. Kemudian saya masih mendapatkan anjuran yang sama dengan anjuran sebelumnya, yaitu menunggu 7x24 jam.

Yang saya harapkan dari Bukalapak adalah agar membekukan dulu transaksi dengan tagihan BL1811D2J3AHINV agar dana yang sudah saya transfer tidak diambil si pelapak penipu dengan memanfaatkan akun saya yang sudah dia bajak.

Menurut kacamata awam saya, pastinya Bukalapak sebagai suatu perusahaan beaar dan sistem yang baik bisa melakukan hal tersebut meskipun memang kesalahan dari pihak saya sebagai pembeli. Sehingga kami para pembeli awam di Bukalapak dan pembeli yang lain akan merasa nyaman bertransaksi di Bukalapak. Terima kasih.


Rusdi
085230540090
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed