DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 07:30 WIB

Kecewa Layanan Pembelian Unit di Mazda Sunter

Lidya - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Pada tanggal 18 April 2018, saya menghubungi marketing Mazda Sunter untuk ketersedian stock unit Mazda 3 produksi tahun 2017. Marketing konfirmasi ketersedian unit dan warna yang saya inginkan dan saat itu juga saya transfer uang muka.

Esok paginya marketing mengirimkan foto SPK melalui Whatsapp. Namun siang harinya diinformasikan lagi bahwa unit tersebut sudah habis. Beliau memberikan pilihan warna lain tetapi saya tolak.

Setelah diskusi panjang, akhirnya saya setuju membayar setengah harga untuk unit tahun 2018 dengan harga yang disepakati. Tetapi sampai beberapa hari kemudian tidak ada kejelasan perihal unit yang saya pesan.

Kesabaran saya mulai habis dan saya meminta agar uang dikembalikan jika mobil tidak dapat segera diproses. Namun saya diminta bersabar karena atasannya sedang berusaha agar bisa mendapatkan unit tersebut.

Setelah melalui beberapa proses, saya bersedia menambah biaya pelanggaran karena adanya dealer Mazda di Semarang dimana saya tinggal dan biaya biro jasa untuk pengurusan BBN sebesar Rp 40 juta.

Pada hari yang dijanjikan, saya menanyakan apakah mobil sudah siap untuk dikirimkan. Namun alasan mereka masih menunggu untuk form cukai karena mobil CBU. Mobil baru dikirimkan setelah menunggu satu minggu lebih.

Setelah mobil sampai di kota Semarang, saya dihubungi untuk mengambil mobil karena pengantaran menggunakan trailer bukan towing seperti yang telah disepakati. Saat itu saya sedang berada di luar kota.

Keesokannya diinformasikan akan dilakukan pembayaran ke biro jasa untuk pengurusan surat jalan dan lainnya karena pihak marketing tidak mengatur pembayaran dokumen tersebut maka dibutuhkan 3 hari kerja untuk dapat diambil.

Tiga hari kemudian, saya menanyakan progressnya dan dijanjikanakan dikirimkan ke rumah sore harinya. Sore harinya, saya dihubungi sopir trailer pengantar mobil dan kemudian ke tempat mobil dirueunkan.

Saya melihat mobil tersebut baru diturunkan dari trailer bersama dengan mobil lainnya dan kondisi mobil tersebut sudah kotor penuh debu dan di odometer sudah menunjukkan angka 97 km serta plat sementara B bukan H. Semoga kedepannya tidak ada yang mengalami masalah pembelian seperti saya.


Lidya
081381393***

(24/05/2018)
Jawaban


Tanggapan Mazda Sunter

Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya dalam proses penerimaan unit kendaraan Mazda yang dialami oleh Ibu Lidya di Semarang.

Menanggapi keluhan Ibu mengenai pengiriman unit kendaraan Mazda 3, dengan ini kami selaku Dealer Resmi kendaraan merk Mazda, Mazda Sunter, yang berada dibawah naungan Distributor Tunggal merk Mazda, PT Eurokars Motor Indonesia, dengan ini ingin memberikan tanggapan atas surat pembaca yang dilayangkan melalui media Detik.com.

Bahwasanya benar pemesanan telah dilakukan oleh suami ibu Lidya, yaitu Bapak Richard, pada saat berlangsungnya IIMS 2018 di PRJ Kemayoran. Pak Richard sudah melunasi unitnya pada 27 April 2018,dengan harapan bahwa unitnya bisa langsung dikirimkan secepatnya (estimasi tanggal 3 Mei 2018).

Unit baru diterima Dealer pada tanggal 11 Mei 2018 dan dikirimkan ke Customer via Towing tanggal 14 Mei 2018 . Mengenai informasi unit dikirim menggunakan towing dan jika diterima dalam keadaan kotor (eksterior) dikarenakan perjalanan -/+ 14 jam. Terlampir foto-foto saat unit dikirimkan dari Mazda Sunter dalam keadaan bersih.

Mengenai Plat bantuan untuk digunakan di Semarang memang ada kendala di Birojasa untuk pengurusan karena belum adanya kerjasama sebelumnya , akan tetapi permasalahan ini sudah diselesaikan, Plat Bantuan sudah diberikan pada customer tanggal 23 Mei 2018 oleh Birojasa lainnya dengan plat H sesuai permintaan.

Demikianlah surat tanggapan ini kami buat dan permasalahan telah dapat diselesaikan dan diterima dengan baik oleh pelanggan.

Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaanya terhadap produk Mazda dan kami akan selalu senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.


Mikel Ivan
Kepala Cabang
Mazda Sunter

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed