DetikNews
Jumat 13 April 2018, 16:00 WIB

Cibugin Kampung Terpencil dan Terlupakan

Jajang - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Sudah 71 tahun Indonesia merdeka, namun belum dirasakan sepenuhnya oleh warga Kampung Cibugin RT.05 RW.08 Desa Cikidang Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi yang mengeluhkan tidak adanya perhatian pemerintah desa dalam memperbaiki infrastruktur di wilayah kami.

Padahal jalan Kampung Cibugin merupakan satu-satunya jalan penghubung antara Desa Cikidang dengan Desa Gunung Malang, sementara itu infrastruktur yang layak dari Desa Gunung malang dengan lebar dua meter sudah sampai di perbatasan Desa Cikidang.

Masyarakat Kampung Cibugin memiliki potensi di bidang pertanian, bahkan pernah ada penggilingan ubi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuka peluang kerja masyarakat.

Hasil investigasi para relawan sosial di peroleh keterangan dari masyarakat bahwa penduduk Kampung Cibugin terdiri dari 15 Kepala Keluarga, sementara itu baru 5 Kepala Keluarga yang memperoleh bantuan PKH. Penduduk Kampung Cibugin semakin tahun semakin berkurang, faktor penyebab berkurangnya penduduk dikarenakan sarana jalan yang tidak layak dan tidak adanya penerangan listrik.

Hanya sebagian warga saja yang sudah memasang listrik, padahal jangkauan listrik dari desa tetangga tidak terlalu jauh namun kendalanya tidak ada tiang yang dapat menyampaikan aliran listrik dari desa tetangga ke Kampung Cibugin.

Adapun pengerasan yang begitu minim dengan lebar 1 meter adalah hasil dari swadaya masyarakat dan donatur dari masyarakat desa tetangga yang memiliki lahan pertanian di kampung Cibugin. Bayangkan jalan yang sebagian besar masih tanah di musim penghujan pastinya tidak bisa dilalui oleh sarana transportasi.

Jika musim penghujan secara otomatis dapat mematikan perekonomian masyarakat, selain itu anak-anak mereka yang membutuhkan dunia pendidikan pun terpaksa harus berjalan kaki sekitar 3 KM untuk sampai ke sekolah karena jalan yang licin tidak bisa di lalui dengan kendaraan bermotor.

Masyarakat Kampung Cibugin sangat mengharapkan janji dari kepala desa terpilih yang disaat kampanyenya akan memfasilitasi keinginan masyarakat Kampung Cibugin yaitu berupa sarana jalan yang layak dan penerangan listrik agar kampung cibugin tidak gelap gulita serta mempermudah masyarakat dalam memperoleh sumber informasi dari berbagai media.

Selain kebutuhan sarana jalan yang layak dan penerangan listrik, kondisi rumah masyarakat kampung Cibugin juga sebagian besar sangat memprihatinkan alias tidak layak huni. Bagai kacang lupa kulitnya, kini janji tinggalah janji, sampai saat ini tidak ada satupun janji yang direalisasikan oleh kepala desa terpilih.


Jajang
jajangjunaedi564@gmail.com
Jawaban

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed