DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 14:03 WIB

Paket Indah Logistik Rusak, Mohon Kebijakannya!

Rendi - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Sudah ada tanggapan)

Tanggal 17 Februari 2018, saya mengirimkan paket berisi sejumlah undangan menggunakan jasa Indah Logistik Cargo dengan tujuan pengiriman ke Banda Aceh. Paket saya lakban rapi dengan penanda sticker biru bertuliskan 'Atas'.

Dijanjikan proses pengiriman paket dengan nomor resi JKT10123593 akan sampai dalam waktu lima hari. Tanggal 23 Februari 2018, paket sampai dalam kondisi rusak. Satu sisi kardus robek, penyok dibeberapa sudut, lakban hampir terbuka dan sedikit basah dibawah.

Isi paket yakni sejumlah undangan rusak dan kurir Indah Logistik beralasan bahwa paket memang rusak seperti itu. Esok harinya, saya komplain ke Indah Logistik dan setelah menunggu lama, saya ditemui Kepala cabang.

Beliau meyakinkan bahwa komplain akan diterima dan akan proses klaim bila sudah memenuhi semua syarat ketentuan. Salah satunya mengenai berita acara kerusakan oleh cabang Banda Aceh.

Setelah proses panjang dan beberapakali melakukan konfirmasi, pada tanggal 5 Maret 2018, saya menerima email bahwa Indah Logistik ingin mengecek kerusakan barang sebagai syarat proses klaim.

Apa gunanya foto kerusakan yang saya berikan? Mohon solusinya, terima kasih.


Rendi
rendi.satria@gmail.com
Jawaban

Tanggapan PT Indah Logistik

Sehubungan dengan adanya surat pembaca di detik.com pada tanggal 9 maret 2018 yang berjudul "Paket Indah Logistik Rusak, Mohon Kebijakannya", kami menyampaikan permohoan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan yang dialami oleh bapak Rendi.

Perlu kami luruskan dan klarifikasi bahwa setelah ada komplain dari penerima barang bahwa ada barang yang rusak, tim customer care kami sudah melakukan investigasi atas kejadian tersebut dan menginventarisir semua bukti pendukungnya untuk persyaratan proses penyelesaian klaim tersebut.

Cabang kami di Banda Aceh berusaha untuk bertemu dan berkomunikasi dengen penerima untuk menyelesaikan masalah ini namun kami sangat kesulitan untuk bertemu dan berkomunikasi.

Namun pada proses investigasi yang kami lakukan, tidak mendapatkan berita acara awal barang rusak pada saat barang kami serahkan ke penerima dan tidak adanya bukti fisik barang yang rusak sesuai laporan. Baik dari penerima maupun pengirim untuk menjadi dasar syarat pengajuan klaim tersebut.

Oleh karena itu, tim kami tidak bisa menyelesaikan proses klaim ke tahap selanjutnya karena persyaratan pengajuan klaim yang sudah tertulis dan tertuang di dalam bukti resi pengiriman tidak terpenuhi.

Pada dasarnya Indah Logistik sangat bertanggung jawab penuh terhadap semua barang kiriman yang customer titipkan kepada Indah logistik sesuai aturan yang berlaku dan tertulis didalam bukti pengiriman barang atau Resi.

Indah logistik sudah meyelesikan permasalahan ini dengan pihak pengirim dan kami anggap permasalahan ini sudah selesai. Demikian klarifikasi yang dapat kami sampaikan dan kami ucapkan terima kasih sudah menggunakan jasa dan layanan kami.


Rudianto
Direktur Operasional


(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed