DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 13:35 WIB

Kecewa Proses Pencairan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Hadi - detikNews
Jakarta -
Keluhan
(Solved)

Saya adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sejak akhir bulan Desember 2017, saya tidak lagi bekerja. Saya berencana mengembangkan usaha sendiri dengan bermodalkan uang pesangon dan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Pertengahan bulan Januari 2018, saya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Mampang, Jakarta Selatan. Karena daftar antrian sudah sangat panjang, saya disarankan datang lagi keesokan harinya, atau mengajukan pencairan JHT secara online.

Tanggal 12 Februari 2018, saya mengajukan proses pencairan dana JHT secara online. Semua dokumen yang dibutuhkan saya lengkapi. Dua hari kemudian, saya menerima email dari BPJS Ketenagakerjaan yang menyatakan ada beberapa persyaratan yang belum lengkap.

Pada hari yang sama, saya melengkapi dokumen yang diminta. Sore harinya saya menerima email lagi yang menyatakan bahwa semua dokumen yang diperlukan sudah memenuhi persyaratan. Saya diminta datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa semua dokumen asli berikut salinannya.

Tanggal 15 Februari 2018, saya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan petugas menyatakan bahwa dokume yang saya serahkan dinyatakan memenuhi syarat. Saya diminta menunggu maksimal lima hari kerja untuk proses pencairannya.

Akan tetapi sampai dengan surat ini saya kirimkan, belum ada pencairan dana. Setiap kali melakukan konfirmasi hanya mendapatkan janji dan diminta untuk menunggu.


Hadi
Jawaban

Tanggapan Suara Pembaca detikcom

Menindaklanjuti pengaduan oleh Bapak Hadi di Detik.com tanggal 09 Maret 2018 perihal "Kecewa Proses Pencairan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan", antor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mampang telah menindaklanjuti keluhan tersebut, dan memberikan penjelasan kepada yang bersangkutan.

Klaim JHT atas nama Bapak Hadi telah diselesaikan pada tanggal 05 Maret 2018, dengan status transfer ke rekening pribadi yang bersangkutan.

Selanjutnya perlu juga kami sampaikan masukan dan keluhan atas pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dapat disampaikan melalui contact center care: 1500910 atau kanal sosial media Facebook (BPJS Ketenagakerjaan) dan Twitter (@bpjstkinfo).


Irvansyah Utoh Banja
Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed