DetikNews
Jumat 12 Januari 2018, 20:10 WIB

Bukan Transaksi Fiktif, Mengapa Akun Penjual Tokopedia Dimoderasi?

Steffy - detikNews
Jakarta -
Keluhan
Saya menjadi penjual di Tokopedia sejak tahun 2010 dan berlanggan Gold Merchant. Saat ini saya merasa kecewa karena dianggap telah melakukan transaksi fiktif. Transaksi yang dianggap fiktif itu dibatalkan oleh Tokopedia dan dana penjualan dikembalikan ke pembeli, padahal barang sudah saya kirimkan.

Hal ini sangat disayangkan karena resi pengiriman yang saya input adalah resi yang benar. Saya sudah ke kantor Tokopedia pada tanggal 28 Desember 2017, diinformasikan bahwa toko saya dimoderasi adalah karena saya membayar transaksi yang dianggap fiktif itu dengan rekening pribadi saya.

Sebelumnya saya sudah menghubungi pembeli yang bersangkutan dan yang bersangkutan sudah mengirimkan bukti pembayaran atas transaksi tersebut adalah benar dari rekening pribadi pembeli.

Customer service Tokopedia mengatakan salah satu syarat agar toko saya dapat segera dibuka adalah menunggu transaksi yang masih menggantung karena masih ada 3 transaksi yang masih muncul dalam status pengiriman. Setelah itu dalam waktu 1x24 jam pihak Tokopedia akan segera membuka toko saya lagi.

Setalah transaksi yang menggantung terselesaikan, saya kembali menghubungi Tokopedia. Namun disayangkan saya harus menunggu 2x24 jam. Saya menyesalkan sistem Tokopedia yang merusak nama baik saya.


Steffy
Jawaban

Tanggapan Tokopedia

Menanggapi kasus yang dihadapi oleh Saudara Steffy, sistem kami mendapati bahwa Saudari Steffy, sebagai penjual, telah melakukan pelanggaran atas syarat dan ketentuan dalam transaksi di Tokopedia. Hal ini menyebabkan toko Saudari Steffy dikenakan pinalti moderasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, kami berharap seluruh pengguna Tokopedia, tidak terkecuali Saudari Steffy, selalu mematuhi syarat & ketentuan dari Tokopedia.


Tim Tokopedia

(wwn/wwn)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed