DetikNews
Jumat 08 September 2017, 16:24 WIB

Diminta Bayar Terlebih Dahulu, Allianz tak Sesuai Polis

Aan - detikNews
Jakarta - Minggu lalu saya konsultasi ke dokter bedah umum setelah dirujuk oleh Puskesmas setempat. Dokter bedah di RS Elisabeth menyarankan untuk tindakan hemorrhoidectomy. Saya check in di rumah sakit tanggal 22 Agustus 2017 untuk persiapan tindakan menggunakan kartu asuransi Allianz dengan pertanggungan tambahan "Hospital & Surgery Care +".

Setengah jam sebelum tindakan operasi keesokan harinya saya diberitahu untuk membayar tagihan operasi sendiri sebelum diputuskan akan direimburse oleh Allianz sesuai hasil PA.

1. Hemorrhoid termasuk jenis penyakit yg memiliki masa tunggu satu tahun dan saya sudah satu tahun lebih keanggotaan belum pernah berobat untuk penyakt yang sama apalagi tindakan bedah.

2. Saya tidak menemukan dimanapun adanya persyaratan PA, seandaianya PA diminta untuk memperkuat diagnosa dokter yang belum tahu "benjolan" saya paham, tapi kalau PA diminta untuk penggugur claim sementara hemorrhoidectomy dicover dalam buku polis saya sama sekali tidak bisa paham.

Kecuali ada permintaan biopsi yang diperlukan saat belum diketahui penyebab "benjolan" dan bukan permintaan PA, yang menurut customer service adalah mencari penyebab penyakit.

3. Disebutkan dalam pasal 1 ayat 10 mengenai istilah "Fasilitas Cashless adalah fasilitas yang diberikan untuk perawatan yang biayanya dibayarkan terlebih dahulu oleh Allianz dan tertanggung tidak perlu membayar saat mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut. Mengapa saya diminta membayar dahulu?

4. Dalam pasal yang sama ayat 23, yaitu Pelayanan kesehatan adalah suatu upaya untuk mempertahankan dan atau memperbaiki kondisi kesehatan tertanggung yang sesuai dengan ketentuan polis.

5. Di kartu polis juga tertera Syarat dan ketentuan polis berlaku setiap saat dan manfaat kesehatan tunduk pada syarat dan ketentuan yang sama.

Kenapa saya tidak bisa mempergunakan fasilitas yang seharusnya menjadi manfaat saya sesuai polis yang berlaku? Yang mana disebutkan ada permintaan PA setelah masa tunggu penyakit tertentu terlewati?


Aan
aanrianto@gmail.com
0818117641
(wwn/wwn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed