DetikNews
Jumat 14 Juli 2017, 18:56 WIB

Tak Ada Kepastian, Berikut Jeritan Calon Jamaah Umrah First Travel

Melly Febrida - detikNews
Tak Ada Kepastian, Berikut Jeritan Calon Jamaah Umrah First Travel Ilustrasi Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom
Jakarta - Entah di mana keberadaan pemilik PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) dan sedang apa, tapi ketahuilah ribuan jamaah yang mendaftar umrah ke travel tersebut sedang sedih, gundah gulana, emosi, dan segala perasaan bercampur aduk.

Kami jamaah yang mendaftar umrah di travel tersebut menanti kemunculan pemiliknya. Ya, berani menunjukkan diri dan mengatakan ada apa sebenarnya ini. Mampukah travel ini memberangkatkan ribuan jamaah yang sudah mendaftar di seluruh Indonesia atau malah sebaliknya?

Pernahkah para pemilik travel melihat kekecewaan jamaah yang menaruh harapan besar bisa berangkat umrah dalam waktu dekat? Pernahkan pemilik travel melihat bagaimana sejumlah jamaah menangis karena umrah ini?

"Saya sedih, bertanya ke Allah mengapa niat mulia saya untuk beribadah datang ke rumahMu malah seperti ini? Padahal saya sudah menabung bertahun-tahun," Itulah suara dari salah satu jamaah.

Kata-kata yang keluar dari jamaah yang sudah tak muda lagi itu membuat saya terdiam. Matanya berkaca-kaca dan suaranya memberat. Saya yang ada di sampingnya pun tak kuasa menahan air mata ini. Bagaimana jika semua menjerit seperti ini? Apa pemilik travel hanya diam?

Ada berapa jamaah yang malu hanya karena sudah dijadwalkan berangkat tapi gagal jalan? Mereka menangis, malu bertemu tetangga karena sudah menggelar pengajian, tetapi tak kunjung berangkat.

Dan berapa jamaah yang jatuh sakit atau bahkan meninggal akibat jadwal yang tak pasti? Tolong, jangan diam saja! Lihatlah wajah para jamaah yang datang ke kantor travel. Bingung harus bersikap seperti apa, menarik dana yang ada, menunggu ketidakpastian, atau menambah biaya yang belum pasti juga keberangkatannya.

Ada puluhan atau ratusan jamaah yang memilih travel ini hanya karena ingin membahagiakan orangtuanya dengan memberangkatkan umrah, ada yang menabung bertahun-tahun agar bisa umrah. Tapi apa yang mereka dapat? Harapan yang tak kunjung datang.

Beberapa jamaah rela menempuh perjalanan antarprovinsi demi menuntut hak mereka. Tapi apa yang didapat, beberapa promo tak bisa proses refund 100 persen, hanya 50 persen. Bagaimana jika dana yang kembali hanya setengahnya atau bagaimana jika dana tidak kembali sama sekali? Kekhawatiran itu yang selalu muncul di pikiran.

Daftar sudah sejak kapan tapi kenapa harus potong 50 persen? Apa jawaban pemilik travel? Belum ada yang menjawab hingga saat ini. Semua diam, menghindar, seakan hilang tertelan bumi. Para jamaah hanya mengharapkan satu hal, berangkatkan atau kembalikan uang mereka sepenuhnya!


Melly Febrida
alamat dan nomor telepon ada di redaksi
(wwn/wwn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed