DetikNews
Senin 27 Februari 2017, 11:42 WIB

Suku Bunga Berbeda, Kecewa Jawaban Customer Service

Ivan - detikNews
Suku Bunga Berbeda, Kecewa Jawaban Customer Service Ilustrasi KPR Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - (BCA sudah menanggapi keluhan)

Saya adalah nasabah KPR yang sejak bulan Januari 2017 dikenakan bunga floating sebesar 11.5%. Sedangkan dari data KlikBCA untuk kredit konsumsi KPR dikenakan bunga sebesar 10%.

Awal Januari 2017, saya mengirimkan email untuk menanyakan dasar pengenaan bunga Floating 11.5% dan perbedaan bunga yang dikenakan dibandingkan bunga KPR yang tercantum di KlikBCA.

Berdasarkan email-email korespondensi dan kontak telepon dengan BCA dapat saya simpulkan bahwa:

1.Bunga kredit konsumsi KPR di KlikBCA adalah Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK), sedangkan bunga riil yang dikenakan ke Debitur baru adalah SBDK ditambah premi resiko masing-masing debitur.

2. Bunga Floating 11.5% berlaku bagi seluruh debitur KPR BCA yang sudah berjalan atau debitur aktif yang sudah terkena bunga floating.

3. Jika nasabah BCA keberatan dengan pengenaan bunga 11.5%, bisa mengajukan program migrasi KPR BCA dengan bunga 7%. Proses dari awal dimana akan muncul biaya-biaya KPR lagi.

5. Pertanyaan saya mengenai dasar pengenaan bunga floating KPR sebesar 11.5% belum terjawab.

Sampai dengan suara pembaca ini dikirimkan, tidak ada jawaban atau tanggapan dari BCA. BCA hanya mengirimkan email agar saya bersabar menunggu jawaban dari BCA.

Apakah adil jika debitur aktif BCA dikenakan bunga yang lebih tinggi dibandingkan bunga yang dikenakan ke calon Debitur baru? Sedangkan pemerintah sedang gencar meminta Bank untuk menurunkan suku bunga kredit.


Ivan
ivan96akt@yahoo.com
(wwn/wwn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed