Klarifikasi Sales Draft Citibank Sangat Lambat dan Tidak Jelas

Suara Pembaca

Klarifikasi Sales Draft Citibank Sangat Lambat dan Tidak Jelas

- detikNews
Kamis, 06 Mei 2010 17:52 WIB
Klarifikasi Sales Draft Citibank Sangat Lambat dan Tidak Jelas
Keluhan
Saya adalah nasabah kartu kredit Citibank atas nama Kartika Permatasari dengan nomor kartu 4541 7900 SSSS SSSS. Sejak awal menjadi nasabah tahun 2007 saya merasa sangat puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan Citibank. Namun, saat ini saya merasa sangat kecewa dan dirugikan.

Pada 03 Desember 2009 datang tagihan atas transaksi di Giant Jati Asih DD 0831 tanggal 11 November 2009 sejumlah Rp 455,269. Namun, karena saya merasa tidak melakukan transaksi di lokasi dan tanggal tersebut berikut kronologi usaha yang telah saya lakukan untuk mendapatkan kejelasan dari pihak Citibank melalui Customer Service di Citiphone 021-2529999 dari bulan Desember 2009 hingga Mei 2010 tanpa hasil yang jelas:

1. Bulan Desember 2009 melalui Citiphone saya tanyakan perihal transaksi tersebut dan dinyatakan benar adanya transaksi tersebut. Namun, aktualnya transaksi dilakukan di bulan Agustus 2009 dan baru ditagihkan di bulan November 2009 karena keterlambatan penagihan dari pihak Merchandise. Kemudian saya mengajukan investigasi atas transaksi tersebut agar lebih jelas dan dengan kesepakatan adanya biaya Rp 25,000 yang akan ditagihkan ke tagihan saya jika benar terbukti transaksi tersebut benar adanya. Untuk sementara transaksi tersebut akan dikreditkan dari tagihan saya sambil menunggu proses investigasi selama 45 hari kerja dan hasil investigasi akan dikirimkan via pos.

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Tertanggal 8 Desember 2009 datang surat pemberitahuan dari pihak Citibank melalui pos mengenai kesepakatan pengajuan investigasi dari saya atas transaksi tersebut.

3. 04 Januari 2010 transaksi tersebut telah dikreditkan dari tagihan saya menunggu
proses 45 hari kerja untuk investigasi.

4. Februari 2010 transaksi tersebut telah didebitkan kembali pada tagihan saya. Waktu yang dijanjikann oleh pihak Citibank untuk proses investigasi 45 hari telah lewat namun saya belum juga mendapatkan hasil investigasi tersebut baik via telepon
maupun pos. Kembali saya menanyakan perihal ini ke pihak Citibank melalui Citiphone. Dan, pihak Citibank menyatakan bahwa investigasi telah dilaksanakan dan benar transaksi tersebut saya lakukan di bulan Agustus 2009 namun baru ditagihkan di bulan Desember 2009. Citiphone representative yang bertugas menyarankan saya untuk menunggu hingga 3 hari sebelum due date pembayaran saya. Jika belum juga datang hasil investigasi via pos menganjurkan saya agar menelepon kembali Citibank untuk mengajukan Dummy Payment atas transaksi tersebut.

5. Februari 2010, 2 hari menjelang due date pembayaran tagihan hasil investigasi masih belum saya terima. Atas saran citiphone representative sebelumnya saya kembali menelepon Citibank untuk mengajukan Dummy Payment atas transaksi tersebut dan dikabulkan oleh pihak Citibank.

6. 03 Maret 2010. Transaksi dikreditkan di awal bulan dan transaksi tersebut kembali ditagihkan/ didebitkan dalam rekening saya di akhir bulan yang sama dan hasil investigasi belum juga saya terima. Kembali saya menelepon Citibank via Citiphone-nya. Namun, tiba-tiba Citiphone representative yang bertugas menanyakan apakah saya sudah menandatangani surat permohonan Sales Draft. Saya agak heran karena sejak awal pengurusan tidak pernah ditanyakan oleh pihak Citibank mengenai surat tersebut.

Akhirnya Citiphone officer yang bertugas meminta nomor faks saya dan mengatakan akan segera mengirimkan draft surat tersebut via faks untuk segera saya tanda tangani dan menganjurkan saya untuk segera menfaksimili kembali agar proses bisa segera dilaksanakan. Namun, hingga bulan berikutnya faks tersebut tidak juga dikirimkan.

7. 04 April 2010 karena hasil investigasi belum juga saya terima dan saya sudah sangat lelah mengurus hal ini kembali saya tanyakan perihal tersebut melalui Citiphone Officer. Dan, atas permintaan Citiphone Officer maka saya akan menunggu proses investigasi transaksi tersebut hingga tanggal 29 April 2010. Dan, pihak Citibank membebaskan saya untuk tidak membayar tagihan tersebut di bulan April 2010. Juga mengabulkan permintaan saya atas pembebasan biaya apa pun yang timbul dari transaksi tersebut sejak bulan Desember 2009. Baik late charges maupun interest.

Beberapa hari kemudian saya menerima faks dari Citibank yang dijanjikan di bulan sebelumnya mengenai pengajuan sales draft. Dan, untuk kelancaran proses segera saya tanda tangani dan faks kembali ke pihak Citibank.

8. 28 April 2010 pihak Citibank bagian penagihan menelpon saya agar saya melakukan pembayaran atas tagihan saya karena due date pembayaran tagihan saya jatuh di tanggal 19 April 2010. Saya jadi makin kesal dan kecewa karena apa yang diajukan oleh pihak Citibank sendiri tidak dilaksanakan yaitu saya dibebaskan dari pembayaran tagihan di bulan April hingga tanggal 29 April 2010 karena menunggu proses investigasi dan sales draft selesai.

9. Mei 2010 karena hasil investigasi dan sales draft masih belum saya terima kembali saya menghubungi Citiphone tapi kembali pihak Citibank tidak bisa menjelaskan kapan
proses tersebut selesai. Dan, menganjurkan saya untuk kembali menunggu sampai batas waktu yang tidak pernah bisa mereka tentukan.

Demikian hal-hal yang telah saya upayakan untuk mendapatkan klarifikasi atas transaksi yang terlambat didebitkan di rekening saya.

Saya sangat kecewa dengan pihak Citibank karena tidak bisa menyelesaikannya dan terkesan hanya memberikan janji untuk menyelesaikannya. Kepada pihak Citibank saya hanya menanyakan apakah pengajuan saya diproses?

Bukannya saya menghindar untuk melakukan pembayarannya. Saya sudah menunjukan itikad baik. Dengan beberapa kali melakukan pembayaran sejumlah minimal pembayaran untuk menghindari biaya late charges. Saya juga rajin menanyakan progres ini melalui Citiphone Officer.

Coba bayangkan berapa biaya yang telah saya keluarkan untuk menelepon juga biaya-biaya yang timbul dari transaksi ini. Juga waktu yang terbuang serta rasa kecewa yang timbul karena hingga saat ini belum juga jelas.

Kerugian yang lain adalah saya sudah membayar annual fee namun terpaksa saya membatasi penggunaan kartu kredit Citibank saya sejak 6 bulan yang lalu agar tidak tumpang tindih dengan adanya biaya-biaya yang timbul. Selain itu saya hanya mau hak saya atas transaksi yang terlambat didebitkan dalam tagihan saya hingga 4 bulan karena pihak Citibank juga telah membebankan kepada saya sejumlah Rp 25,000 sebagai biaya administrasi proses investigasi.

Sungguh disayangkan Citibank dengan International Brand yang sudah sangat dipercaya tidak bisa menyelesaikan kewajiban terhadap nasabahnya dengan baik dan tepat waktu. Padahal hanya untuk transaksi kecil sejumlah Rp 455,269 (yang mungkin sudah bertambah akibat biaya-biaya yang timbul sejak 6 bulan masa proses yang belum juga selesai). Terima kasih.

Kartika Permatasari
kartika_ps@yahoo.com





Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(msh/msh)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.


Anda menyukai artikel ini

Artikel disimpan

Berita Terkait

 

 

 

 

 

 

 

 

Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama berkomentar di sini