Suara Pembaca

Maklum Tidak Bisa Chek In Andai Air Asia Sudah Take Off

Tina - detikNews
Jumat, 13 Feb 2009 14:19 WIB
Keluhan
Pada tanggal 12 Februari 2009 saya seharusnya berangkat pada pukul 07.00 WIB dari Jakarta tujuan Medan. Dikarenakan jalanan yang macet kami sampai ke bandara sekitar jam 06.30 (sudah di depan meja check in).

Pada saat itu kru Air Asia mengatakan sudah tidak bisa check in lagi. Kru tersebut sempat menelepon ke temennya apakah masih bisa naik atau tidak (entah itu Kapten atau Pramugari). Tapi, kru tersebut berbicara santai dan disertai tawa canda. Alhasil jawaban dari krunya tetap tidak bisa. Padahal di saat bersamaan jelas-jelas terdengar panggilan "para penumpang Air Asia untuk penerbangan QZXXXX silahkan naik ke pesawat."

Saya sudah minta tolong sekali untuk coba dibantu. Tapi, tetap saja kru Air Asia banyak alasan ini itu, dan tetap tidak bisa intinya. Saya juga sempat mengatakan tidak apa-apa bagasinya biar dibawa naik saja. Tidak usah melalui proses lagi dengan maksud biar cepat dan tidak merepotkan pihak Air Asia lagi.

Sampai pada pukul 06.50 saya masih berada di depan meja check in. Sekali lagi terdengar pengumuman yang sama agar para penumpang segera naik ke pesawat. Lagi-lagi saya minta tolong pada kru Air Asia. Tapi, jawabannya sungguh tidak masuk akal. "Pintu pesawatnya sudah tutup, Bu." Saya sempat menanyakan, "bagaimana mungkin pengumuman penumpang disuruh naik sedangkan pintu Air Asia sudah ditutup?"

Akhirnya kru Air Asia menjawab, "ya, sudah tidak bisa diproses lagi, Bu. Untuk berangkat perlu dokumen ini itu dan semuanya harus diproses dulu. Memakan waktu lagi." Sungguh benar-benar jawaban yang membuat jengkel. Dari tadi saya sudah berada di depan meja check in. Tapi, tanpa hasil (hampir 30 menit).

Saya benar-benar tidak habis pikir. Apakah seperti ini layanan Air Asia terhadap penumpangnya? Atau memang ada unsur kesengajaan agar saya membeli tiket lagi untuk penerbangan selanjutnya?

Seandainya pada saat saya mau check in pesawat sudah take off atau berangkat saya masih bisa memaklumi. Tapi, kondisinya pesawat tersebut belum berangkat. Dan, itu juga dibuktikan dari pengumuman yang saya dengar sendiri. Pengumuman itu juga bukan saya dengar sekali saja. Tapi, sampai 2 kali.

Terus terang saya sangat kecewa. Padahal selama ini saya selalu menggunakan Air Asia untuk bepergian ke mana pun. Saya sudah percaya akan kenyamanan dan pelayanannya. Saya mohon penjelasan dari pihak Air Asia.


Tina
Tangerang


Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait

(msh/msh)
Kirimkan keluhan atau tanggapan Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik. Redaksi detikcom mengutamakan surat yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Klik disini untuk kirimkan keluhan atau tanggapan anda.