Rebranding ini salah satunya didasari dualisme terjemahan IPB ke bahasa Inggris, yakni 'Bogor Agricultural Institute' dan 'Bogor Agricultural University'. Predikat 'University' dipilih karena IPB menawarkan program studi yang lebih luas, tidak hanya disiplin ilmu pertanian dan kelautan.
Ada juga masukan berdasarkan hasil studi eksplorasi stakeholder bahwa kata 'Pertanian' dalam 'Institut Pertanian Bogor' sering diartikan secara sempit. Sehingga penamaan IPB University diharapkan mempunyai asosiasi yang lebih luas.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Selain rebranding, IPB juga mengganti slogan. Slogan lama 'Searching and Serving the Best' berganti menjadi 'Inspiring Innovation with Integrity'.
"Ada berbagai pendekatan untuk mengevaluasi kesehatan brand. Ada cara 'jalan pintas' vs 'penelusuran secara seksama'. Oleh karena layanan dalam pendidikan tinggi ini bersifat jasa yang mempunyai multiple stakeholder, maka jalan pintas tidak direkomendasikan. Pendekatan Ethnography Marketing yang dipilih dalam riset ini merupakan jalan panjang penelusuran untuk memahami konsumen secara holistik dari berbagai sudut dan perspektif," ujar Arif.
Dalam hal ini, IPB melalui profesional telah melakukan rangkaian penelusuran data primer maupun sekunder dengan berbagai teknik yaitu workshop internal dengan tokoh kunci, wawancara mendalam dengan future students, orang tua, guru-guru di sekolah, dan melibatkan tokoh kunci di Institusi, baik itu dalam diskusi terpisah secara individu maupun diskusi terfokus dalam kelompok.
Hasil kajian ilmiah tentang brand IPB University sudah disampaikan dalam berbagai pertemuan dengan stakeholder, termasuk dalam rapat Senat Akademik. Selanjutnya sebutan bahasa Inggris dan tagline baru ini akan disahkan melalui keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) IPB. (dkp/fjp)
Hoegeng Awards 2025
Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini