The Matchmaker

Prabowo Jadi Capres Jagoan di Survei, Cocok Duet Sama AHY atau Puan?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 10:59 WIB
Prabowo Jadi Capres Jagoan di Survei, Cocok Duet Sama AHY atau Puan? (Tim Infografis detikcom)
Foto: AHY-Prabowo-Puan (Tim Infografis detikcom)
Jakarta -

Survei Political Weather Station (PWS) menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres paling unggul ketimbang nama-nama potensial lainnya. Bahkan siapa pun cawapresnya, survei PWS membuktikan Prabowo tetap unggul. Namun, siapakah yang lebih cocok menjadi pasangan Prabowo?

Hasil survei PWS periode April 2022 ini bertajuk 'Perkembangan Elektabilitas Capres dan Simulasi Capres-Cawapres Terbaik Menurut Preferensi Publik', dirilis pada Jumat (15/4/2022).

"Dipasangkan dengan tokoh mana pun, peluang Prabowo Subianto memenangkan Pilpres 2024 sangat besar," kata PWS.

Survei PWS dilaksanakan tanggal 1 sampai 11 April 2022 di 34 provinsi Indonesia. Jumlah responden adalah 1.225 orang, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling).

Margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan kuesnioner Google Form.

Berikut ini simulasi capres-cawapres yang selalu dimenangi Ketua Umum Partai Gerindra itu:

Simulasi Prabowo-Puan

Pada simulasi Prabowo-Puan Maharani, pasangan ini unggul dengan suara responden 31,9%. Selanjutnya ada simulasi pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Prabowo-Puan juga bakal tetap menang menghadapi pasangan Ganjar-Erick dan Anies-AHY.

Simulasi Prabowo-AHY

Bila Prabowo dipasangkan dengan AHY, Prabowo tetap mengungguli pasangan-pasangan lain. Prabowo bahkan unggul 38,5% melawan raihan responden terhadap Ganjar-Puan dan Airlangga-Anies.

Simulasi Prabowo-Khofifah

PWS juga mensimulasikan Prabowo dengan Khofifah sebagai cawapresnya. Pasangan ini unggul dengan raihan lebih dari 40%. Pasangan ini mengungguli kombinasi Ganjar-Puan dan Anies-AHY.

Pasangan Prabowo-Khofifah tetap unggul melawan kombinasi Airlangga-Ganjar dan Anies-AHY. Prabowo-Khofifah meraih 40,5% suara responden.

Bila dikerucutkan menjadi dua pasangan saja, Prabowo-Khofifah tetap menang melawan Ganjar-Erick Thohir.


Jadi, menurut Anda, Puan atau AHY yang lebih cocok menjadi pasangan Prabowo di Pilpres 2024?

Simak juga video 'AHY soal Peluang Duet dengan Anies: Bagian dari Suara Rakyat':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/tor)