Siapa Pemenang Pilpres AS Menurut Anda?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 20:30 WIB
Jakarta -

Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) digelar pada hari ini. Para pemilih sudah mengantre untuk mengambil surat suara untuk menyalurkan aspirasinya.

Pada pemilu kali ini, ada dua calon presiden (capres) yang bersaing untuk menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam ini. Keduanya ialah Donald Trump (74) dari Partai Republik dan Joe Biden (77) dari Partai Demokrat.

Selain memilih presiden baru, warga juga akan memilih sejumlah jabatan untuk level federal, negara bagian, dan lokal.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (3/11/2020), orang-orang tampak mulai mengantre sejak Selasa (3/11) pagi waktu AS, atau Selasa (3/11) petang waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Laporan AFP menyebut bahwa tempat pemungutan suara baru akan dibuka pukul 06.00 waktu AS untuk sejumlah wilayah di pantai timur AS, seperti New York, New Jersey, Virginia, Connecticut dan Maine. Antrean pemilih sudah terlihat di beberapa tempat pemungutan suara di Fairfax, Virginia dan di New York.

Dua kota kecil di wilayah New Hampshire telah memulai pemungutan suara untuk pilpres sesaat usai tengah malam. Pemungutan suara di kota Dixville Notch dan Millsfield telah selesai.

Hasilnya Joe Biden, meraup seluruh lima suara yang ada di kota Dixville Notch, yang terletak dekat perbatasan Kanada tersebut. Sedangkan di kota Millsfield, capres petahana Donald Trump unggul dengan 16 suara sementara Biden meraih lima suara.

Diyakini Trump dan Biden akan bertarung sengit untuk memperebutkan kursi Gedung Putih. Hasil polling-polling terbaru di AS, setidaknya menurut enam polling, menunjukkan bahwa Biden unggul atas Trump.

Pembaca detikcom, menurut Anda, siapa yang akan memenangi Pilpres AS tahun ini? Donald Trump atau Joe Biden?

(jbr/tor)