detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 20:08 WIB

Pro Kontra

5 Tahun Jokowi-JK Rampung, Puas atau Tidak?

Tim detikcom - detikNews
5 Tahun Jokowi-JK Rampung, Puas atau Tidak? Jokowi-JK (Foto: Setpres)
Jakarta - Genap sudah 5 tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden 2014-2019. Apakah publik sudah puas dengan kinerja pemerintahan ini?

Pada Pilpres 2014, Jokowi-JK mengusung visi yang diberi judul 'Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian'. Keduanya juga merumuskan sembilan agenda prioritas yang disebut Nawa Cita. Agenda itu berisi tentang tata kelola pemerintahan, penegakan hukum bebas korupsi, kemandirian ekonomi, hingga revolusi karakter bangsa.


Berikut ini Nawa Cita Jokowi-JK:

1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.
2. Kami akan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
3. Kami akan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
4. Kami akan menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
5. Kami akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
6. Kami akan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
7. Kami akan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
8. Kami akan melakukan revolusi karakter bangsa.
9. Kami akan memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Kabinet Jokowi-JK / Kabinet Jokowi-JK / Foto: Setpres



Berdasarkan survei Litbang Kompas pada Oktober 2019, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK adalah sebesar 58,8%. Tingkat kepuasan itu naik turun sejak pertama kali survei pada April 2015.

Periode jabatan Jokowi-JK akan berakhir tepat pada 20 Oktober 2019 atau dua hari lagi. Jokowi lalu akan dilantik kembali menjadi presiden dengan Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah puas dengan 5 tahun kinerja pemerintahan Jokowi-JK? Berikan pendapat Anda di kolom komentar dan sertakan alasannya.


Simak juga video "Momen Cipika-cipiki Jokowi-JK di Perpisahan Kabinet" :
(imk/fjp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed