Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024: Cara Isi dan Link Download

ADVERTISEMENT

Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024: Cara Isi dan Link Download

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 18:54 WIB
Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024
Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 (Foto: Dok. KPU)
Jakarta -

Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 merupakan bagian dari berkas atau dokumen dalam persyaratan untuk mendaftar sebagai anggota Parlantih Pemilu 2024. Syarat pendaftaran anggota Parlantih Pemilu 2024 ini perlu dipenuhi agar mampu lolos ke tahap selanjutnya.

Pantarlih atau yang singkatan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih adalah dibentuk oleh PPS untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu dan Pemilihan. Tentang Pantarlih Pemilu 2024 juga telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022.

Melansir situs KPU, pendaftaran menjadi anggota Pantarlih Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 26 Januari 2023 sampai dengan 28 Januari 2023. Untuk memenuhi syarat pendaftaran maka diperlukan Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024.

Lantas seperti apa isi Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024? Bagaimana cara mengisi Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengisi Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024

Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 adalah surat yang diperlukan untuk pemenuhan persyaratan dalam pendaftaran sebagai calon peserta anggota Parlantih Pemilu 2024. Calon peserta anggota Parlantih Pemilu tidak dapat melakukan pendaftaran Parlantih Pemilu 2024 apabila tidak mengisi Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 ini.

Melansir situs resmi KPU, berikut ini format isi Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024:

SURAT PENDAFTARAN
SEBAGAI CALON PANTARLIH KOTA/KABUPATEN ............................................
UNTUK PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ....................................................................................................................................
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan *) Coret yang tidak sesuai
Tempat, Tgl. Lahir/Usia : ............................................ / ............................................ Tahun
Pekerjaan/Jabatan : .................................................................................................................
Alamat : ....................................................................................................................................

Dengan ini mendaftarkan diri sebagai calon Pantarlih di Kelurahan .............................................. Kecamatan ............................................ berdasarkan Pengumuman Seleksi Calon Partarlih KPU Kota/Kabupaten ....................................................... Nomor ................................................. tanggal 26 Januari 2023.

Bersama ini disampaikan dokumen persyaratan administrasi untuk memenuhi ketentuan Pasal 50 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Di bawah surat tersebut pendaftar kemudian dapat melengkapi dengan tanggal dibuatnya surat tersebut beserta tanda tangan dan nama terang yang membuat pernyataan.

Link Download Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024

Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 ini dapat diperoleh melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota domisili. Cara mendapatkan form Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 dapat secara online melalui website resmi KPU domisili atau datang langsung ke kantor KPU setempat.

Sebagai contoh, berikut ini link download form Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 yang dilansir situs KPU untuk Pantarlih Kabupaten Tanjung Jabung Barat:

Syarat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024

Untuk mendaftar menjadi anggota Pantarlih Pemilu 2024 haruslah memenuhi beberapa persyaratan termasuk kelengkapan dokumen pendaftaran anggota Pantarlih Pemilu 2024. Berikut ini syarat-syarat pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024:

  • Fotokopi KTP Elektronik (e-KTP)
  • Surat Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024
  • Surat keterangan sehat secara jasmani dari puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang disertai hasil pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol
  • Daftar Riwayat Hidup (format disediakan) dengan dilengkapi pas foto berwarna ukuran 4x6 cm
  • Fotokopi ijazah SMA/sederajat atau ijazah terakhir
  • Surat Pernyataan bermeterai 10.000 yang menyatakan bahwa calon Pantarlih tidak menjadi anggota partai politik, tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas), dan sehat secara rohani. (format surat pernyataan disediakan).

Kelengkapan dokumen persyaratan tambahan diperlukan jika:

  • Calon Pantarlih Pemilu 2024 pernah menjadi anggota partai politik namun sudah tidak lagi menjadi anggota paling singkat dalam 5 (lima) tahun terakhir, maka dilengkapi dengan surat keterangan dari partai politik yang menjelaskan/menyatakan hal tersebut.
  • Jika identitas calon Pantarlih Pemilu 2024 tercantum sebagai anggota partai politik dalam SIPOL tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, maka dokumen persyaratan dilengkapi dengan Surat Pernyataan bermeterai 10.000 tentang hal terkait.

Lihat juga video 'LSI Denny JA: Pilpres 2024 Pertarungan Legacy Jokowi dan Ingin Perubahan':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT