Kaesang Mau Terjun Politik, Gerindra Imbau Jangan Dijadikan Polemik

ADVERTISEMENT

Kaesang Mau Terjun Politik, Gerindra Imbau Jangan Dijadikan Polemik

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 18:38 WIB
Sufmi Dasco Ahmad
Foto: Sufmi Dasco Ahmad (Dwi Rahmawati/detikcom).
Jakarta -

Partai Gerindra menyambut keinginan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang disebut tertarik terjun ke politik. Ketua Harian Gerindra Dasco mempersilakan Kaesang memilih partai politik (parpol) untuk menjadi wadah berkarier di politik.

"Saya pikir, hak konstitusional setiap orang untuk kemudian ingin berkiprah di dunia politik. Oleh karena itu, siapapun itu termasuk Mas Kaesang, itu hak yang bersangkutan sehingga kita tidak dalam posisi mengomentari setuju atau tidak setuju," kata Dasco kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dasco memastikan Gerindra terbuka jika Kaesang hendak bergabung sebagai kader. Dia mengungkit sang ketum, Prabowo Subianto, yang kerap mendorong kelompok muda agar terjun ke kancah politik.

"Partai Gerindra kan memang partai terbuka. Kita kan ya Pak Prabowo berkali-kali menyatakan tentunya kita akan menerima insan yang ingin sama-sama membangun bangsa dan negara," katanya.

Lebih lanjut, Dasco tak sepakat jika ada anggapan masuknya Kaesang ke politik akan menciptakan politik dinasti. Menurutnya, keinginan Kaesang itu tak perlu menjadi polemik.

"Ya kan kita belum tahu berkiprah di politiknya mau maju apa. Kita juga jangan dibiasakan belum-belum sudah berpolemik, sementara kita nggak tahu namanya terjun ke politik itu bisa masuk partai politik bisa langsung ikut pileg, ikut pilkada, itu kan sesuai dengan konstitusional," kata dia.

"Tapi menurut saya kita jangan berpolemik karena kita belum tahu mau berkiprah di mana kan begitu," lanjutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Jokowi.

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir detikJateng, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik, apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Kata Gibran, Jokowi kaget mendengar pernyataan dari Kaesang itu. Gibran menegaskan bahwa biasanya Kaesang tidak pernah membahas mengenai politik.

Lihat video 'Kagetnya Jokowi-Gibran saat Kaesang Sebut Tertarik Terjun ke Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT