Bukan soal Anies, Ini Alasan Anak Haji Lulung Lengser dari Ketua PPP DKI

ADVERTISEMENT

Bukan soal Anies, Ini Alasan Anak Haji Lulung Lengser dari Ketua PPP DKI

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 12:12 WIB
Putra Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana (Dwi Rahmawati/detikcom)
Foto: Putra Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana (Dwi Rahmawati/detikcom).
Jakarta -

Guruh Tirta Lunggana dicopot dari posisi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DKI Jakarta. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menceritakan alasan di balik pergeseran tersebut yang bukan karena mendukung Anies Baswedan.

"Itu karena berdasarkan putusan Mahkamah partai, yang mana putusan Mahkamah Partai memerintahkan DPP mengembalikan putusannya kepada formatur. Formatur DKI pada musyawarah wilayah yang lalu itu, muswil 2021 formatur memutuskan Syaiful sebagai ketua," kata Awiek saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Awiek mengatakan saat itu DPP PPP berikhtiar lain menjadikan Haji Lulung sebagai Ketua DPW dan ketika keputusannya berjalan, Haji Lulung meninggal dunia.

"Dan ketika SK itu berjalan, Haji Lulung meninggal, digantikan oleh Plt Farhan dilanjutkan oleh Tirta. Belakangan Saiful menggugat kembali, waktu itu menggugat ke pengadilan negeri namun oleh pengadilan negeri dilimpahkan ke Mahkamah Partai karena gugatan Saiful belum pernah masuk ke Mahkamah Partai," kata dia.

Lantaran bersengketa di Mahkamah Partai, lanjut Awiek, partai memutuskan kepengurusan DPP DKI Jakarta kembali ke hasil formatur musyawarah yakni memilih Saiful Rahmat Dasuki sebagai ketua. Sementara Guruh Tirta Lunggana menjabat sebagai Sekretaris DPW Jakarta.

"Nah, musyawarah wilayah memutuskan bahwa formatur yang masih ada, yang masih tersedia, memutuskan saudara Saiful sebagai ketua dan Tirta sebagai Sekretaris, sebagai akomodatif, sebagai jalan tengah. Karena fakta musyawarah wilayahnya yang menang adalah Saiful," kata dia.

"Sementara Tirta sebagai anak Haji Lulung memiliki potensi basis massa di DKI Jakarta sehingga dengan format itu kemudian kita padukan, kita satukan menjadi sebuah kekuatan di PPP," lanjutnya.

Awiek membantah jika pergeseran jabatan Guruh Tirta lantaran mendukung Anies Baswedan. Ia juga menepis jika pergantian berkaitan dengan capres 2024.

"Jadi terkait isu-isu karena dukung Anies, sampai saat ini nggak ada dukung Anies di DPW DKI, yang ada itu hasil Mukercab, itu cabang-cabang. Dan tidak ada kaitannya dengan pilpres apalagi PPP belum menentukan calon presiden," ungkapnya.

Tonton juga Video: Anak Haji Lulung Merapat ke PPP: Lanjutkan Perjuangan Almarhum

[Gambas:Video 20detik]



(dwr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT