NasDem Jelaskan Pesan di Balik Kaus Anies 'Naha Anjeun Nu Keder'

ADVERTISEMENT

NasDem Jelaskan Pesan di Balik Kaus Anies 'Naha Anjeun Nu Keder'

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 23 Jan 2023 12:54 WIB
Anies Baswedan saat mengikuti Jalan Santai di Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Minggu (22/1/2023).
Anies Baswedan. (Foto: Yuga Hassani/detikcom)
Jakarta -

Kaus yang digunakan bakal capres NasDem, Anies Baswedan, tak ayal jadi sorotan karena bertuliskan 'Abdi Nu Ngider Naha Anjeun Nu Keder' saat berkunjung ke Jawa Barat. NasDem menjelaskan makna tulisan di baju Anies tersebut.

"Makna tulisan di kaus Mas Anies itu kurang lebih, 'Saya yang keliling-keliling kenapa Anda yang jadi pusing'. Jadi bukan, 'takut'," kata Wakil Ketua DPP NasDem Willy Aditya kepada wartawan, Senin (23/1/2023).

Willy lalu mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan Anies. Menurutnya, Anies hendak menyampaikan apa yang ia lakukan tak perlu diambil pusing oleh siapapun.

"Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa apa yang tertulis itu, kalau saya pribadi memaknai, bahwa apa yang dilakukan oleh Mas Anies adalah sesuatu yang absah dan tidak perlu diambil pusing oleh siapapun. Kami dan Mas Anies hanya melakukan apa yang kami pandang perlu kami lakukan," katanya.

Willy mengatakan kaus yang dipakai Anies merupakan kreativitas para simpatisan di Jawa Barat. Willy menilai kaus Anies itu menarik karena bertuliskan kalimat menggelitik.

"Kedua, itu adalah bentuk kreativitas dari relawan dan para simpatisan yang ada di Jawa Barat, khususnya yang ada di Bandung. Lahirlah kaos dengan kalimat berima itu," katanya.

"Dan bagi saya pribadi itu cukup menjadi suprise. Karena kalimatnya sederhana, menarik, sekaligus menggelitik. Siapa pun yang membacanya saya kira akan tersenyum simpul dibuatnya. Ini memang menjadi salah satu kelebihan masyarakat Bandung," imbuh dia.

Willy mengapresiasi kreativitas masyarakat Jawa Barat. Menurutnya hal ini merupakan bentuk kedewasaan dalam bersikap dan berinteraksi dalam konteks kehidupan sosial dan politik.

"Tulisan semacam itu tidak mengandung ujaran kebencian atau sejenisnya, tidak pula menyerang siapapun. Jadi ungkapan itu menjadi semacam bentuk dukungan dan kebanggaan masyarakat Bandung terhadap Mas Anies sebagai sosok yang telah dipromosikan sebagai calon presiden oleh Partai NasDem," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies melakukan kunjungan ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Anies memakai kaus bertuliskan bahasa Sunda.

Momen kunjungan Anies di Kabupaten Bandung diunggah lewat akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Minggu (22/1/2023). Dalam foto yang diunggah itu, Anies terlihat diserbu warga yang meminta selfie.

Adapun Anies mengenakan kacamata hitam dan kaus hitam bertulisan 'Abdi Nu Ngider, Naha Anjeun Nu Keder'. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tulisan itu artinya 'Saya yang Jalan-Jalan, Kenapa Anda yang Takut'.

"Wilujeng enjing! Dari Kabupaten Bandung, dari Jawa Barat, kita gelorakan semangat perubahan untuk Indonesia!" tulis Anies di akun Instagramnya.

Lihat Video: Kunjungan ke Bandung di Demo, Anies Ucapkan Terima Kasih Demonstran

[Gambas:Video 20detik]




(fca/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT