Jawab Zulhas, PKS Tawarkan Balik PAN Gabung Koalisi Perubahan

ADVERTISEMENT

Jawab Zulhas, PKS Tawarkan Balik PAN Gabung Koalisi Perubahan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 13:05 WIB
Jubir PKS Muhammad Kholid
Foto: Jubir PKS Muhammad Kholid (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menawarkan Partai Gerindra dan PKS masuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) usai mencuat wacana rujuk antara PKS dan Gerindra. PKS justru mengajak balik PAN agar bergabung dengan Koalisi Perubahan yang sedang dibangun oleh PKS bersama NasDem dan Demokrat.

"Saya kira, justru PAN sepertinya cocok gabung bersama Koalisi Perubahan bersama PKS, NasDem, dan Demokrat," kata Jubir PKS M Kholid kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Kholid mengungkit PAN dan PKS selalu berkoalisi dalam kontestasi pilpres sebelumnya. "Karena PAN dan PKS itu kan seperti saudara, hampir selalu bersama dalam kontestasi Pilpres," ujarnya.

Lebih lanjut, Kholid juga menyinggung nama Anies Baswedan sebagai capres terkuat di Koalisi Perubahan. Menurutnya, PAN juga memiliki kedekatan dengan Anies.

"Jadi gini, sejauh ini kan Pak Anies Baswedan kan calon terkuat capres Koalisi Perubahan. sepertinya, PAN dan PKS ada kesamaan, sama-sama dekat dengan figur beliau," katanya.

"Tapi sekali lagi, ini hanya pandangan pribadi, kami tentu tetap hormat atas pilihan PAN di KIB," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Zulhas menawarkan PKS dan Partai Gerindra untuk bergabung ke KIB. Ajakan Zulhas ini merespons wacana 'rujuk' Koalisi Gerindra dan PKS yang mencuat.

"Jadi begini ya, ini pendaftaran itu kan masih lama, kami sudah punya koalisi KIB, Golkar, PAN, PPP. Apapun nanti apakah ada tambah bergabung, capresnya nanti bagaimana, siapa, itu kita akan berunding dengan KIB ya. Jadi segala sesuatu kita akan bicarakan bertiga nantinya," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (6/12).

"Ya kan bertiga, apapun bisa aja, tapi nanti akan bicara dengan KIB, KIB itu ya Golkar, PAN, PPP," lanjutnya.

Zulhas mengatakan PAN, Golkar, dan PPP masih solid. Dia menyebut KIB hingga kini masih kuat.

"Ya KIB solid, kuat, justru kita sekarang apa-apa harus KIB bertiga. Nambah boleh, jadi misalnya PKS mau masuk, Gerindra mau gabung boleh aja," ujarnya.

Lihat juga video 'Dasco soal Wacana Rujuk Koalisi Gerindra-PKS: Komunikasi Sering Dilakukan':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT