PAN Sebut Airlangga Capres Prioritas KIB, PPP: Mardiono Cawapres

ADVERTISEMENT

PAN Sebut Airlangga Capres Prioritas KIB, PPP: Mardiono Cawapres

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 12:14 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi
Foto: Faiq Azmi/detikJatim
Jakarta -

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memprioritaskan Airlangga sebagai bakal capres KIB (Koalisi Indonesia Bersatu). PPP dikatakan juga memprioritaskan Ketua Umummya, Mardiono sebagai cawapres.

"Ya kita hormati itu pendapat ya, dan memang ketum-ketum partai layak lah untuk diusung sebagai calon dalam pilpres. Namun demikian, kita harus memperbincangkannya dan melihat lebih detail dari berbagai aspeknya," kata Awiek saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

Awiek mengatakan pendapat Zulhas hanya sebuah wacana. Sampai saat ini, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum menentukan capresnya.

"Dan itu belum menjadi sebuah keputusan, baru sekadar wacanakan, boleh-boleh saja. Sama seperti kami memprioritaskan Pak Mardiono sebagai calon wakil presiden untuk PPP. Mungkin PAN berbeda," tutur Awiek.

"Tapi yang jelas, tiga tokoh partai, ketum partai itu layak untuk maju dalam kontestasi pilpres mendatang," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan perkembangan terbaru dari pembicaraan soal capres yang bakal diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Zulhas mengungkapkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi capres yang diprioritaskan KIB.

Hal itu disampaikan Zulhas usai menggelar pertemuan dengan ketua umum parpol di poros KIB lainnya, yakni Airlangga dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Pertemuan yang dibalut dengan makan malam atau dinner itu digelar secara tertutup di sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11).

Zulhas mulanya menyinggung kriteria pemimpin yang disampaikan Presiden Jokowi, yakni berambut putih dan berwajah banyak kerutan. Menurutnya, masing-masing parpol di KIB masuk kriteria tersebut.

"Kita juga ngomong capres, capres gimana? Kalau kriterianya Pak Jokowi kan kerutan wajah, tuh banyak lihat aja tuh Pak Airlangga kerutan semua tuh wajahnya, ya, Pak Mardiono juga. Kalau saya nggak rambut putih, tapi jenggotnya putih, lebih sakti," kata Zulhas.

Simak Video 'Kriteria Capres KIB Diungkap PAN: Airlangga Prioritas':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT