Saat Baju dan Bola Zulhas Jadi Kode Airlangga soal Partai Tambahan KIB

ADVERTISEMENT

Saat Baju dan Bola Zulhas Jadi Kode Airlangga soal Partai Tambahan KIB

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 12:02 WIB
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal menambah kekuatan menjelang pemilu 2024. Sosok partai tambahan yang akan bergabung dengan KIB dibocorkan via kode baju dan bola sepak.

Bocoran itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai menggelar pertemuan dengan ketua umum parpol di poros KIB, yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Pertemuan dibalut dengan makan malam atau dinner secara tertutup di sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Airlangga mulanya memastikan sejauh ini para parpol di KIB masih solid.

"Oleh karena itu tahap berikutnya seperti yang disampaikan di Sulawesi Selatan, kita masih terbuka. KIB ini sedang membangun sebuah fondasi bangunan untuk membangun Indonesia, yang fondasinya kuat, dindingnya kokoh, sirkulasi udaranya bagus, dan juga kita berharap bangunannya ini akan diperkuat," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan pihaknya masih terus berkomunikasi dengan parpol calon anggota KIB. Dia lalu membocorkan warna-warna yang identik dengan parpol tersebut.

"Nah diperkuat ini tentu kita masih bicara dengan partai-partai lainnya akan bergabung, partai yang kita masih komunikasi baik," ujarnya.

Kode

Airlangga memberikan kode partai yang bakal gabung KIB lewat warna. Parpol pertama, kata Airlangga, identik dengan pakaian yang dipakai oleh Zulhas. Zulhas saat itu memakai setelan biru.

"Tentu, warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini," kata Airlangga seraya menoleh ke arah Zulhas yang berdiri di sebelahnya.

Sedangkan partai politik kedua identik dengan warna pakaian yang sering dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warna itu, kata dia, juga ada pada bola yang sedang ditenteng Zulhas. Warna bola itu dominan putih.

"Dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden. Yang bagian dari bola itu juga," ujar Airlangga menunjuk ke bola yang dipegang Zulhas.

"Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini. Wakil Indonesia di dalam pertandingan itu adalah orang Bali namanya Made in Indonesia," imbuh Airlangga berkelakar.

Lantas partai mana yang sesuai dengan kode warna yang dibeberkan Airlangga?

(fca/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT