Cerita Relawan 'Veteran' Jokowi Pilih Tak Datang Meski Diundang ke GBK

ADVERTISEMENT

Cerita Relawan 'Veteran' Jokowi Pilih Tak Datang Meski Diundang ke GBK

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 14:08 WIB
Bendahara Umum relawan Projo, Panel Barus
Bendahara Umum Projo, Panel Barus. (Adrial/detikcom)
Jakarta -

Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata tidak semuanya terlibat dan hadir dalam acara Gerakan Indonesia Bersatu yang lalu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Relawan Jokowi ada yang diundang ke acara tersebut, namun memilih tak datang.

Bendahara Umum (Bendum) relawan Pro Jokowi atau Projo, Panel Baru, mengatakan sejumlah organisasi relawan Jokowi diundang pada Oktober lalu dalam pertemuan sebelum acara puncak digelar di GBK.

"Yang diundang organisasional, yang mengudang waktu itu Mas Eko Sulistyo, Aminuddin (Ma'ruf). Diundang (pertemuan sebelum acara) kita datang, namanya teman, lagian yang mengundang Stasus Presiden juga yang ngundang, kita hormati," kata Panel Barus kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Pertemuan terjadi di wilayah SCBD sekitar 50 orang, berdasarkan organisasi ada sekitar 20 organisasi relawan Jokowi yang hadir. Pertemuan hadir relawan Jokowi yang sudah mendukung sejak 2012 lalu.

"Kumpul di situ ada perwakilan Projo, ada perwakilan Seknas, ada perwakilan macam-macam, Pospera ada dua orang datang. Disampaikanlah maksud dan tujuan undangan itu," ujar Panel.

Disampaikan dalam pertemuan itu, bahwa relawan ingin membuat acara di Gelora Bung Karno tanggal 26 November 2022 lalu, dengan tema Nusantara Bersatu. Kemudian pihak yang diundang diberi kesempatan bicara, perwakilan Projo menyampaikan pandangannya dalam pertemuan itu.

"Yang bicara Sekjen Projo, Mas Handoko. Kami Projo itu secara prinsip mendukung apa yang direncanakan teman-teman di GBK itu. Cuma Projo sendiri sudah berfokus pada satu kegiatan yang kami kasih nama Musra," ucap Panel.

Projo memiliki keterbatasan tenaga dan waktu karena Musra digelar di seluruh wilayah Indonesia. Relawan juga mempertanyakan tujuan dan urgensi acara Gerakan Indonesia Bersatu digelar di GBK.

"Dalam kegiatan itu ditanyakan, kegiatan (di GBK) ini targetnya apa, urgensinya apa, kenapa kami bertanya begitu. Karena tempat yang dipilih ini tempat yang keramat yaitu GBK yang dua kali jurus pamungkas di 2014 dan 2019," sebut Panel.

"Pengundang waktu itu belum bisa menjelaskan itu. Nah ya buat kami, yang terlibat dalam satu peristiwa dalam kegiatan bersama-sama harus sepemahaman," tegasnya.

Karena sejumlah alasan, akhirnya sejumlah relawan 'veteran' Jokowi pun tak datang ke acara Gerakan Indonesia Bersatu. Sementara lainnya hadir ke lokasi acara.

"Akhirnya Projo mengambil posisi tak ikutan dulu. Tetap mendukunglah. Pospera juga sama (tak datang)," imbuhnya.

Lihat juga Video: Kader PDIP Bantah 'Kepanasan' dengan Acara Relawan Jokowi di GBK

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT