Siapa Elite Relawan Jokowi yang Disasar PDIP soal Acara di GBK?

ADVERTISEMENT

Siapa Elite Relawan Jokowi yang Disasar PDIP soal Acara di GBK?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 12:59 WIB
Relawan Presiden Joko Widodo yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu bertemu Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).
Arsjad Rasjid, Presiden Jokowi, dan Aminuddin Ma'ruf. (Kenny Gida/detikcom)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) mengkritik keras acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digagas oleh Gerakan Indonesia Bersatu. Ada dua tokoh yang memimpin acara relawan Jokowi di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat (Jakpus), tersebut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik acara relawan Jokowi di GBK yang dihadiri Presiden Jokowi. Hasto menyoroti pihak-pihak ring satu Jokowi di balik acara tersebut.

"Saya pribadi sangat menyesalkan adanya elite relawan yang dekat dengan kekuasaan, lalu memanfaatkan kebaikan Presiden Jokowi sehingga menurunkan citra Presiden Jokowi. Akibatnya kehebatan kepemimpinan Presiden Jokowi di acara G20 yang membanggakan di dunia, dan rakyat Indonesia, lalu dikerdilkan hanya urusan gegap gempita di GBK," kata Hasto dalam keterangannya, Minggu (27/11) lalu.

Hasto menyebut kepemimpinan Jokowi yang sudah diakui dan menjadi inspirasi dunia justru dikerdilkan dengan cara-cara yang tidak elegan di balik acara relawan tersebut. Dia bahkan menyinggung sikap para relawan yang cenderung manipulatif.

"Sepertinya elite relawan tersebut mau mengambil segalanya, jika tidak dipenuhi keinginannya mereka mengancam akan membubarkan diri, tetapi jika dipenuhi elite tersebut melakukan banyak manipulasi. Banyak sekitar Presiden Jokowi yang kurang paham bahwa elite relawan tersebut kumpulan berbagai kepentingan," kata ujar Hasto.

"Padahal seharusnya menyangkut urusan bangsa dan negara, apalagi pemimpin ke depan merupakan persoalan bersama yang harus dijawab dengan jernih, penuh pertimbangan, dan harus menjawab jalan kejayaan bagi bangsa dan negara Indonesia," tegasnya.

2 Pentolan Acara Relawan Jokowi di GBK

Sehari sebelum digelarnya acara Indonesia Bersatu di GBK, Jakpus, Sabtu (26/11), panitia Gerakan Nusantara Bersatu menggelar konferensi pers. Saat jumpa pers itu ada dua pentolan acara, yakni Steering Commite Nusantara Bersatu Arsjad Rasjid dan Ketua Pelaksana Nusantara Bersatu Aminnuddin Maruf.

Arsjad Rasjid menjelaskan pada saat konferensi pers, bahwa pertemuan relawan dan Jokowi dilakukan dalam rangka meminta arahan Jokowi untuk mengawal menuju Indonesia Emas 2045.

"Nusantara Bersatu adalah langkah kita bersama, meraih mimpi bangsa menyambut Indonesia emas 2045. Di bawah arahan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia ini di sini kita sudah memiliki arah yang jelas, kita ingin mencapai Indonesia emas tahun 2045 bertepatan pada 100 tahun Indonesia merdeka," kata Steering Commite Nusantara Bersatu, Arsjad Rasjid saat jumpa pers di Gelora Bung Karno, Jumat (25/11).

Perlu diketahui, Arsjad Rasjid saat ini menjabat Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia. Arsjad Rasjid dikenal sebagai sosok pengusaha dan profesional yang lahir pada 16 Maret 1970. Pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Direktur Utama Indika Energy.

Simak juga Video: Kader PDIP Bantah 'Kepanasan' dengan Acara Relawan Jokowi di GBK

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT