14 Daerah PPP Usul Ganjar Capres, PAN Ungkap Parpol KIB Dinamis

ADVERTISEMENT

14 Daerah PPP Usul Ganjar Capres, PAN Ungkap Parpol KIB Dinamis

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 18:25 WIB
Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Plt Ketum PPP Mardiono menyebut 14 wilayah PPP mengusulkan nama Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tak mencampuri urus rumah tangga anggota.

"Soal PPP itu menjadi urusan rumah tangga internal PPP. PAN tidak akan ikut campur karena menjaga fatsun politik," kata Viva saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/11/2022).

Viva menyebut masing-masing partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berhak menentukan capres yang akan diusung. Setelah ditetapkan usulan capres, barulah dimusyawarahkan dalam KIB.

"Sebagai anggota KIB, masing-masing partai tentu memiliki mekanisme pengambilan keputusan internal. Nanti, masing-masing partai politik akan mengajukan nama ke KIB. KIB akan menetapkan secara musyawarah mufakat, aklamasi, tidak voting," katanya.

Ia menyebut masing-masing partai belum ada keputusan resmi terkait capres nanti. Ia menyebut pembicaraan terkait capres-cawapres masih dinamis.

"Siapa nanti nama-nama yang akan diusung, masing-masing partai masih dinamis dan cair. Kita lihat proses politik selanjutnya," ungkap Viva.

14 Wilayah PPP Usulkan Ganjar

Plt Ketua Umum PPP M Mardiono sebelumnya mengungkapkan sejumlah pengurus di berbagai wilayah mengusulkan agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diusung menjadi capres. Usulan itu akan dibahas dan selanjutnya bakal dibawa ke KIB.

"Sekarang sampai saat ini tidak ada DPW PPP yang berada dalam struktur itu, yang mengusulkan nama-nama sebagaimana yang sudah terkemuka di media secara resmi. Jadi ada beberapa wilayah, kalau tidak salah ada 14 wilayah yang memang sudah menyuarakan untuk mengusulkan kepada DPP bahwa untuk bisa mencalonkan Pak Ganjar itu permintaan wilayah," Mardiono kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

"Sekarang kami sedang berproses. Sekali lagi kami akan bawa ke KIB nanti harapan saya ya kalau itu sama calonnya ya sudah menjadi keputusan nanti," sambung Mardiono.

Mardiono belum bisa memastikan sampai kapan proses pembahasan capres itu akan berlangsung. Dia ingin berhati-hati dalam memilih calon pemimpin untuk Indonesia.

"Saya belum bisa pastikan, berproses di parpol, dan kami harus berhati-hati, dan harus mencermati dinamika yang berkembang di tengah-tengah rakyat kita, karena sekali lagi ini adalah untuk membangun bangsa dan negara," ujar Mardiono.

Simak juga 'Kader PPP Deklarasi Anies Capres, Golkar: Akan Dipertimbangkan di KIB':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT