ADVERTISEMENT

KIB Belum Juga Umumkan Capres, Airlangga: Tunggu Tambahan Partai

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 19:19 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Karin Nur Secha/detikcom).
Foto: Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Karin Nur Secha/detikcom).
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sampai saat ini belum juga mengumumkan bakal capres yang akan diusung di 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta masyarakat agar menunggu pengumuman tersebut.

"Ya kan kita lagi kerja untuk mendapatkan tambahan partai, jadi tunggu saja sampai ada tambahan partai," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa (22/11/2022).

Airlangga tidak bicara lebih lanjut ketika ditanya siapa partai yang akan bergabung dengan KIB.

Namun demikian, untuk diketahui, Airlangga Hartarto memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan Golkar, PPP, dan PAN masih membuka komunikasi politik dengan parpol lain menjelang Pilpres 2024. Airlangga mengatakan komunikasi itu mengarah pada ajakan bergabung ke KIB.

"Ya kita masih ada tahapan yang kita persiapkan yaitu kita akan membuka, seperti tadi KIB, Partai Golkar inklusif, termasuk aspirasi dari tadi ormas Musra. Kemudian ada partai politik lain yang masih berbicara. Nah tentu kita akan terbuka dan kita tentu punya waktu supaya koalisi ini bisa saling melengkapi," kata Airlangga usai menemui gabungan relawan Jokowi di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (7/11).

"Iya kalau berbicara kan kaitannya dalam rangka untuk bergabung," lanjutnya.

Soal waktu pengumuman parpol yang bergabung koalisi, Airlangga enggan bicara banyak. Dia memastikan momennya tidak akan di detik-detik terakhir menjelang pendaftaran capres 2024 ke KPU.

"Kita lagi siapkan. Ada waktunya. Waktunya ya kita targetnya tentu menjelang waktu, ya. Kita tidak akan detik terakhir," katanya.


Menko Bidang Perekonomian ini menyebut PDIP dan Demokrat termasuk parpol yang tengah berkomunikasi dengan KIB.

"Ya kan kemarin saya jalan dengan Mbak Puan ketemu dengan teman-teman partai lain jadi ya kita tunggu aja. Politik kan selalu ada kemungkinan. Ya, (Demokrat) termasuk," ujarnya.

Simak juga 'Kader PPP Deklarasi Anies Capres, Golkar: Akan Dipertimbangkan di KIB':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT