Mardiono: 14 Wilayah PPP Usulkan Ganjar Jadi Capres, Akan Dibawa ke KIB

ADVERTISEMENT

Mardiono: 14 Wilayah PPP Usulkan Ganjar Jadi Capres, Akan Dibawa ke KIB

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 13:07 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono
Plt Ketum PPP Mardiono. (Dok. PPP)
Jakarta -

Plt Ketua Umum PPP M Mardiono mengungkapkan sejumlah pengurus di berbagai wilayah mengusulkan agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diusung menjadi calon presiden (capres). Usulan itu akan dibahas dan selanjutnya bakal dibawa ke forum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Sekarang sampai saat ini tidak ada DPW PPP yang berada dalam struktur itu, yang mengusulkan nama-nama sebagaimana yang sudah terkemuka di media secara resmi. Jadi ada beberapa wilayah, kalau tidak salah ada 14 wilayah yang memang sudah menyuarakan untuk mengusulkan kepada DPP bahwa untuk bisa mencalonkan Pak Ganjar itu permintaan wilayah," Mardiono kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

"Sekarang kami sedang berproses. Sekali lagi kami akan bawa ke KIB nanti harapan saya ya kalau itu sama calonnya ya sudah menjadi keputusan nanti," sambung Mardiono.

Mardiono belum bisa memastikan sampai kapan proses pembahasan capres itu akan berlangsung. Dia ingin berhati-hati dalam memilih calon pemimpin untuk Indonesia.

"Saya belum bisa pastikan, berproses di parpol, dan kami harus berhati-hati, dan harus mencermati dinamika yang berkembang di tengah-tengah rakyat kita, karena sekali lagi ini adalah untuk membangun bangsa dan negara," ujar Mardiono.

Dia mengatakan partai politik mempunyai kewajiban untuk melahirkan tokoh-tokoh pemimpin bangsa Indonesia. Tokoh-tokoh tersebut nantinya akan ditawarkan kepada masyarakat untuk dipilih dalam Pemilu.

"Kita tawarkan kepada rakyat Indonesia ini loh calon dari KIB. Dan juga nggak mustahil sebentar lagi akan ada KIB Plus ada partai-partai lain bergabung dengan KIB," ujar Mardiono.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) sebelumnya juga mengatakan partainya terus memonitor perkembangan Ganjar.

"Soal merapat atau tidak merapat belum ada kesepakatan. Mekanisme masing-masing partai mengajukan untuk dimusyawarahkan," kata Awiek kepada wartawan, Kamis (3/11).

Awiek mengatakan Ganjar memang menjadi salah satu nama potensial capres 2024. Awiek menyebut KIB terus memantau perkembangannya.

"Memang Ganjar termasuk salah satu nama potensial yang terus dimonitor perkembangannya," ujarnya.

Awiek menyebut belum ada keputusan terkait pencapresan di KIB. Mengutip pernyataan Presiden Jokowi, KIB tidak ingin terburu-buru menentukan sosok capres 2024.

"Meski demikian kami belum putuskan siapapun namanya. Masih banyak waktu, jadi ojo kesusu," ujarnya.

(knv/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT