Puncaki Survei Parpol Versi SSI, Gerindra: Amin Pokoknya

ADVERTISEMENT

Puncaki Survei Parpol Versi SSI, Gerindra: Amin Pokoknya

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 18:06 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (Matius Alfons/detikcom).
Foto: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (Matius Alfons/detikcom).
Jakarta -

Partai Gerindra memuncaki survei elektabilitas partai politik (parpol) versi lembaga Skala Survei Indonesia (SSI). Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berharap hasil survei itu mencerminkan hasil di Pilpres 2024.

Dalam survei SSI, Gerindra mendapat elektabilitas 19,0%. Di bawah Gerindra, ada PDIP dengan 18,3% elektabilitas dan juga Golkar di urutan ketiga.

"Saya belum melihat. Ya alhamdulillah kalau itu, mudah-mudahan amin-lah pokoknya," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Sementara, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menganggap hasil survei yang masih dinamis. Dia memahami akan adanya perubahan di perjalanan menuju pemilu 2024.

"Pertama, saya sampaikan bahwa yang namanya survei itu kan selalu dinamis, dan kita tahu bahwa dalam perjalanannya menuju pemilu nanti pasti kan ada perubahan-perubahan," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022).

"Tergantung nanti dari tingkat keterpuasan calon pemilih terhadap para calon. Kita berharap bahwa tingkat kepuasan pemilih terhadap Pak Prabowo ini akan terus tetap," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dasco menuturkan pihaknya telah menyiapkan strategi soal duet capres dan cawapres yang bakal diusung nanti.

"Walaupun sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Gerindra, kami telah menyiapkan juga opsi-opsi mengenai pasangan maupun putaran. Sehingga, apapun itu, kami akan siap menghadapinya," ujarnya.

Survei SSI

Skala Survei Indonesia (SSI) merilis proyeksi gelaran Pilpres 2024 jika dilakukan 2 putaran. Hasil survei SSI menunjukkan elektabilitas Gerindra berada di urutan teratas dan Prabowo Subianto selalu menang di putaran kedua pilpres.

Survei digelar selama 6-12 November 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka.

Survei SSI disebut melibatkan sebanyak 1.200 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini yakni sebesar ± 2,83% pada tingkat kepercayaan sebesar 95,0%.

Berikut urutannya:
Partai Gerindra 19,0%
PDIP 18,3%
Partai Golkar 8,9%
Partai Demokrat 6,3%
PKS 5,8%
Partai NasDem 5,1%
PPP 2,3%
PKB 1,9%
PAN 1,7%
Partai Perindo 1,2%
Partai Garuda 0,2%
PBB 0,1%
Partai Hanura 0,1%
PSI 0,1%
TT/TJ 29,0%

(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT